gosocio.co.id

Gulalives.co – Soto adalah kuliner khas Indonesia yang memiliki ciri khas yakni makanan yang berkuah, biasa disajikan bersama potongan jeruk nipis pun limau, dengan potongan daging ayam pun sapi. Indonesia memiliki banyak sekali jenis soto dengan cita rasa unik, tampilan dan namanya pun berbeda-beda, sesuai dengan ciri khas masing-masing daerahnya. Kalau kamu termasuk pencinta makanan berkuah satu ini, kamu perlu tahu nih beberapa jenis soto yang akan kita bahas, juga karakter dan dari daerah mana sih asal mereka. Apalagi kalau kamu mau bereksperimen untuk membuat soto di rumah, kamu bisa pilih satu dua menu yang kamu pengin banget coba untuk masak. Penasaran? Cek di bawah ini, ya:

Soto Makassar atau Coto Makassar

Related image
tokopedia.com

Coto Makassar adalah salah satu jenis soto di Indonesia yang merupakan kuliner khas dari Sulawesi Selatan (Makassar). Di Makassar soto ini disebut coto. Coto ini sebenarnya sama dengan jenis Soto pada umumnya, yang membedakannya hanyalah jenis kuah dan dagingnya. Coto Makassar umumnya berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Biasanya kalau kamu ke warung yang menjual Coto Makassar akan ditanya “Mau daging semua, jeroan (jenis dalaman sapi berupa lambung, hati, usus, dan lain sebagainya), atau dicampur (campuran daging dan jeroan)?”

Karena banyak orang yang gak suka dengan jeroan hewan, apalagi kalau jeroan hewan masuk ke dalam mangkuk makanan yang akan mereka makan. Bagian lain yang membuat coto Makassar berbeda adalah rempah dan bahan khas dari Coto Makassar itu sendiri. Kalau umumnya kuah soto berupa kaldu ayam atau sapi, kuah Coto Makassar memiliki bahan istimewa yakni air beras dan kacang tanah yang dihaluskan. Itu sebabnya kuah Coto Makassar lebih kental dari kuah soto pada umumnya.

Soto Lamongan

Related image
citarasaindonesia.co.id

Soto Lamongan adalah soto ayam khas Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan suwiran ayam kampung yang empuk, potongan brokoli, potongan daun bawang yang kemudian disiram dengan kuah kaldu. Nah, yang membedakan Soto Lamongan dengan soto lain adalah adanya remahan kerupuk udang yang biasa disebut poya atau koya. Koya ditambahkan sebagai pelengkap Soto Lamongan sehingga rasanya menjadi gurih gurih tanpa enyoi. Kalau kamu makan soto dan ada Koyanya, sudah pasti itu Soto Lamongan!

Soto Banjar

Image result for Soto Banjar
makanajib.com

Soto banjar adalah salah satu jenis soto di Indonesia, kuliner satu ini berasal dari Banjar (ya, namaya juga soto Banjar). Soto Banjar mirip dengan soto Madura dan soto lamongan. Kuahnya menggunakan kaldu ayam, dan jenis ayam yang biasa digunakan adalah ayam kampung. Bumbu kaldu soto Banjar juga diperkaya dengan rempah-rempah andalan, salah satu rempah yang umum digunakan pada soto banjar ini adalah kapulaga. Kuahnya tidak terlalu kental seperti Soto Betawi atau Coto Makassar. Tapi soal kelezatan? Gak perlu diragukan lagi kok.

Soto Madura

Related image
surabaya.panduanwisata.id

Soto madura, merupakan salah satu jenis soto yang mungkin paling sering kamu dengar. Soto ini berasal dari Madura, Jawa Timur, persis seperti namanya. Soto Madura tidak memiliki banyak keistimewaan atau kelebihan dibandingkan dengan soto-soto pada umumnya. Isiannya sama dengan yang biasa terdapat pada soto lainnya. Seperti potongan daging, kuah kaldu, sayuran, mie dan topping. Kuah soto Madura terbuat dari kaldu ayam dan daging yang biasa digunakan adalah daging ayam.

Soto Betawi

Related image
okezone.com

Jakarta tidak hanya dikenal dengan gedung pencakar langit serta kemacetannya saja kok, Jakarta juga dikenal sebagai tempat kuliner yang asik. Nah, Soto Betawi merupakan varian soto yang cukup melegenda di wilayah Jakarta ini. Soto Betawi menggabungkan potongan daging sapi yang biasanya ditambah dengan jeroan untuk menambah variasi tekstur dalam sajian sotonya. Seiring dengan berjalannya waktu, Soto Betawi tidak lagi menggunakan santan sebagai bahan pembuatan kuah. Santan diganti dengan susu yang memiliki rasa gurih lebih ringan dan juga menyehatkan. Dalam penyajiannya, Soto Betawi biasa disajikan lengkap dengan jeruk nipis, sambal, minyak samin, acar dan emping.

Soto Kudus

Related image
eatjogja.com

Seperti namanya, suto kudus merupakan jenis soto yang berasal dari kudus. Soto kudus sebenarnya tidak berbeda jauh dengan soto pada umumnya, berkuah, ada potongan daging, dan sayuran. Namun, yang menjadikan soto kudus sedikit berbeda dari soto lainnya adalah jenis daging yang dipilih dan penyajiannya.

Daging yang digunakan pada soto kudus sebenarnya jika mengikuti asalnya, mereka gunakan daging ayam kampung dan daging kerbau. Namun, karena sulitnya mendapatkan daging kerbau di zaman sekarang ini membuat masyarakat cenderung menggantinya dengan daging sapi. Penyajian dari soto kudus yang sedikit berbeda dari soto lainnya terlihat pada ukuran mangkuknya. Ukuran mangkuk yang dipakai untuk menyajikan soto ini adalah ukuran yang relatif lebih kecil dari mangkuk soto pada umumnya, sedangkan platingnya sama saja dengan soto pada umumnya, ada seledri dan bawang goreng sebagi topping.

Soto Bandung

Related image
twitter.com

Soto Bandung adalah jenis soto yang yang menjadi ciri khas dari kota Bandung. Soto satu ini sangat mudah dijumpai di area Jawa Barat, Banten dan Jakarta. Soto ini memiliki ciri khas dalam penyajiannya yang dilengkapi dengan kacang kedelai sebagai toppingnya, seperti yang biasa kita temui pada bubur ayam. Soto Bandung tidak jauh berbeda dengan soto lainnya. Kuah soto ini juga berupa kaldu yang dibuat sama seperti bumbu-bumbu soto pada umumnya. Namun kuah soto Bandung tidak terlalu kental. Selain terdapat kacang kedelai sebagai topping, pada soto Bandung juga disajikan dengan irisan lobak atau terkadang juga diganti dengan kentang goreng yang diiris tipis menyerupai kerupuk.

Soto Mie Bogor

Related image
kulinermudikddb.ucontest.info

Soto Mie Bogor adalah jenis soto yang sangat mudah dijumpai, mulai dari di pinggir jalan sampai dengan di rumah makan. Soto ini memiliki karakter seperti soto bandung, namun soto mie bogor menggunakan mie kuning dan potongan tomat di setiap penyajiannya. Tidak terlalu spesial memang. Bahan dari soto mie bogor umumnya adalah beberapa jenis sayuran seperti kol, daun bawang, tauge, mie, tahu, dan potongan-potongan daging. Daging yang dipakai pada soto mie bogor umumnya adalah daging sapi, ayam dan jeroan. Nah yang menambah cita rasa soto mie bogor adalah saat penyajiannya biasanya disajikan bersama emping melinjo dan potongan risol.

Soto Medan

Related image
resepumi.com

Soto Medan memiliki cita rasa yang hampir sama dengan Soto Betawi. Penyebabnya karena kebudayaan India yang bersentuhan di masa lalu. Namun, yang membedakannya adalah Soto Medan tidak menggunakan campuran susu atau margarin sebagai pengganti santan seperti halnya Soto Betawi. Kuahnya yang kental dan berwarna kuning menyebarkan aroma kapulaga yang berpadu dengan berbagai rempah-rempah lainnya. Sedap!

Soto Padang

Related image
resepadinda.info

Soto padang merupakan salah satu jenis soto yang paling mudah untuk kamu temui di kota besar seperti Padang, Medan, Lampung, dan Jakarta. Dari penampilannya kamu akan bisa membedakan antara soto Padang dengan soto lain, biasanya soto padang disajikan dengan kerupuk merah dan sohun.

Bagian lain yang membuat soto Padang begitu istimewa adalah potongan daging yang biasanya digunakan pada soto padang adalah daging sapi has dalam dicampur dengan sedikit tetelan. Dari segi kuah tidak terlalu banyak yang berbeda, hanya mungkin jika kamu sudah biasa dengan makanan Padang kamu bisa tahu bahwa makanan padang itu kaya akan rempah. Demikian pula dengan soto padang yang mengandung banyak sekali rempah-rempah seperti Cengkeh, pala, lada, daun salam dan lain-lain.

Soto Kenari Maluku

Image result for Soto Maluku
dining.grivy.com

Soto kenari Maluku merupakan salah satu varian dari soto kenari. Jenis soto ini memiliki ciri khas kuah kental yang terbuat dari santan kental dan kenari yang dihaluskan. Biasanya soto ini disajikan dalam pilihan rasa pedas. Sensasi yang ditimbulkan dari rempah-rempah khas maluku yang berpadu dalam kuah kaldu istimewa ini menciptakan rasa yang sempurna. Jenis soto ini wajib kamu coba. Apalagi jika dalam kondisi dingin, soto ini dapat menghangatkan tubuh kamu. Untuk penyajian, soto kenari Maluku biasaya disajikan bersama dengan kerupuk merah. Daging yang biasa digunakan pada soto kenari Maluku adalah daging ayam, namun juga bisa menggunakan daging sapi atau rusa.

Soto Lenthok

Related image
youtube.com

Soto Lenthok adalah makanan khas Yogyakarta. Sama seperti soto pada umumnya, soto lenthok disajikan dengan kuah dan suwiran ayam. Yang membedakan soto lenthok dengan soto lainya adalah lenthok itu sendiri. Lenthok adalah perkedel yang terbuat dari singkong dan dibentuk bulat-bulat kecil kemudian digoreng. Kebayang gak? Kalau mau coba yang paling enak, yuk jalan-jalan ke Yogya!

Soto Sadang, Purwakarta

Related image
resepdanmakanan.com

Jenis Soto Sadang Purwakarta sangat istimewa, dari tampilannya sangat berbeda dari tampilan soto pada umumnya. Jika pada umumnya soto memiliki kuah kental dan kaya akan kaldu, soto Sadang Purwakarta ini disajikan dengan kuah yang bening. Nah seperti apa rasanya? Rasanya tidak kalah enak dengan soto-soto pada umumnya. Biasanya soto Sadang disajikan dengan emping melinjo.

Nah, rasa emping ini akan memberikan sensasi tersendiri pada kuah soto Sadang. Penasaran kan? Soto Sadang Purwakarta biasanya menggunakan daging ayam atau daging sapi. Sayuran yang digunakan umumnya daun bawang dan juga irisan kol. Selamat mencoba!

Soto Tauto, Pekalongan

Related image
resepdanmasakan.com

Soto Tauto Pekalongan merupakan salah satu jenis soto dan kuliner khas Pekalongan yang berkuah. Soto Tauto memiliki keistimewaan atau kelebihan tersendiri dibandingkan dengan suatu soto pada umumnya, kuah soto ini sedikit agak kental. Salah satu bahan yang berbeda dan bisa kamu temukan pada soto tauto adalah tauco. Jenis daging yang digunakan pada soto ini adalah daging sapi.

Soto Sokaraja

Related image
kompas.com

Soto ini sama dengan soto pada umumnya. Namun, perbedaan paling mencolok dari soto asli Bayumas dengan soto lain, adalah penggunaan kerupuk merah sebagai topping, lalu disantap dengan lontong dan sambal kacang.

Soto Jepara

Image result for soto jepara
tabloidcempaka.com

Perbedaan terbesar soto Jepara dengan soto ayam lainya adalah digunakannya kucai yang sebenarnya jarang dipakai dalam masakan Indonesia. Soto Jepara bisa kamu temui di warung-warung yang ada di Kabupaten Jepara, terutama di kawasan Kecamatan Tahunan, Kecamatan Mayong, dan Kota Jepara itu sendiri.

Soto Pacitan

Image result for Soto Pacitan
resepmasakan13.blogspot.co.id

Soto Pacitan memang cukup unik karena tidak memakai santan. Dan yang paling kelihatan beda adalah pemakaian telur rebus, seledri, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan campuran kecambah jawa yang membuat soto Pacitan menjadi unik dan menggugah selera. Soto Pacitan bahkan sudah banyak beredar di luar Pacitan, karena memang rasanya yang unik.

Bahkan mantan Presiden SBY yang juga berasal dari pacitan sangat suka dengan soto satu ini. Kacang goreng yang merupakan pelengkap tersebut memang menjadi unik dan lezat ketika dimakan saat soto pacitan masih panas. Dan, yang paling enak adalah karena soto pacitan menggunakan bahan baku ayam kampong. Selain kualitas gizi yang lebih tinggi, kadar lemaknya juga rendah.

Soto Kebumen

Related image
viva.co.id

Soto Kebumen atau Soto Kored merupakan soto yang hanya ada di pantai Petanahan, Kabupaten Kebumen. Soto ini berbeda dari yang lain karena isinya hanya tauge, potongan daging dan kupat. Setelah seharian bermain di pantai, kamu bisa mampir ke soto kored ini untuk mengembalikan tenaga karena kebutuhan karbohidrat, protein, mineral dan lemak akan tercukupi dengan memakan soto ini.

Soto Seger, Boyolali

Image result for Soto Seger Boyolali
twitter.com

Soto Seger Boyolali mempunyai kedudukan penting dalam peta kuliner Boyolali. Boleh dibilang ia adalah penanda kebangkitan usaha kuliner di Boyolali. Kemunculannya seolah kembali menyemarakkan dunia kuliner di kota kecil ini.

Salah satu yang terkenal adalah soto ayam Mbok Giyem yang kini berubah nama menjadi soto Hj Fatimah. Soto dengan cita rasa kuah yang gurih ini membuat masyarakat ketagihan dengan kenikmatannya. Soto Hj Fatimah juga biasanya disebut dengan soto segar karena setelah menyantapnya memberikan sensasi segar di dalam tubuh. Soto ini berada di kawasan jalan utama Boyolali menuju Solo.

Soto Banjarnegara

Related image
hipwee.com

Mungkin sangat jarang yang mengetahui tentang soto Banjarnegara. Soto Banjarnegara atau yang lebih dikenal dengan soto Krandegan, merupakan soto yang unik. Berbeda dengan soto-soto lainnya seperti soto banjar dan soto sokaraja yang merupakan kombinasi kuah bening dan kacang tanah, ataupun soto kudus dengan khas daging kerbaunya. Soto Banjarnegara yang berkuah kuning ini sekilas mirip dengan opor, tapi setelah kamu mencicipinya rasanya jauh berbeda dengan opor.

Kombinasi kuah kuning dengan santan yang dicampur dan direbus dengan tulang-tulang dan daging sapi menambah gurihnya soto tersebut. Cara penyajiannya biasanya dimakan menggunakan ketupat, lalu ketupat tersebut diguyur dengan kuah, tidak lupa ditambahkan taoge muda, irisan daun bawang, dan bawang goreng yang menambah nikmatnya soto tersebut.

Soto Semarang

Image result for Soto Bangkong
infotempatwisata.wagomu.id

Meskipun namanya sama-sama soto ayam, namun tiap daerah memiliki ciri atau karakternya masing-masing. Misalnya, resep soto ayam kuah bening. Kuah seperti itu merupakan gaya memasak masyarakat Semarang bila membuat soto. Makanya resep masakan tradisional ini disebut juga soto ala semarangan.

Cita rasa segar kuah bening dari soto ala semarangan ini tak kalah dengan sejumlah resep soto berkuah lainnya. Salah satu soto khas Semarang yang cukup dikenal adalah soto bangkong. Soto Bangkong adalah salah satu bukti keberhasilan pemasaran soto sebagai makanan rakyat di Indonesia. Berawal dari penjual soto keliling pada tahun 1950 yang akhirnya sukses memiliki cabang yang tersebar hampir di seluruh pulau jawa.

Soto Surabaya

Related image
redshallotkitchen.com

Kalau kamu singgah di Surabaya, cobalah soto Surabaya, atau sering disebut Soto Ambengan Surabaya. Karena, cita rasanya sudah terbukti membuat orang yang suka makanan berkuah pekat menjadi ketagihan. Kuah Soto Ambengan lebih pekat dari soto lainnya, ini karena memakai bumbu kunyit dan sentuhan koya. Puncak kenikmatan memakan Soto Ambengan ini bisa kamu dapatkan jika mengunyahnya di siang hari!

Soto Klamud, Purbalingga

Related image
bitypic.com

Umumnya, soto disajikan di mangkuk atau batok kelapa. Namun, tidak dengan soto di Desa Toyareja RT 5 RW 1, Toyareja, Purbalingga, Jatisaba, Kecamatan dan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ini. Soto di sini disajikan di dalam butiran batok kelapa utuh, lengkap dengan daging kelapa mudanya yang digunakan sebagai pengganti bihun. Kebayang gak sih rasanya? Kalau penasaran, main-mainlah ke Desa Toyareja!

Soto Bayam, Purbalingga

Image result for Soto Bayam Purbalingga
grid.id

Dari namanya saja kamu sudah bisa tahu dong, kalau soto ini menggunakan bayam sebagai sayurannya. Isiannya pun melimpah ruah. Mulai dari daging sapi, tahu bacem, bihun, kubis, kecambah, dan tentunya? Bayam! Rasanya pun enak dan harganya juga sangat terjangkau! Soto ini bisa kamu nikmati di kedai Soto Bayem, Jalan Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, DIY.

Soto Ayam Kampung, Yogyakarta

Image result for Soto Ayam Kampung Pak Wondo
instaview.xyz

Masih di Yogyakarta, kamu bisa menikmati Soto Ayam Kampung Pak Wondo yang sangat melegenda. Soto yang berada di Jalan Parangtritis, selatan SPBU Jogokaryan ini selalu ramai sejak pagi hari. Buruan cobain! Perut kamu bisa kenyang tanpa harus bikin kantong kamu kering!

Soto Tangkar

Image result for Soto Tangkar
detik.com

Soto tangkar merupakan salah satu hidangan khas Betawi. Kata ‘tangkar’ berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi.

Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Oleh karena itu, para pekerja mengolah iga tersebut dengan bumbu-bumbu rempah dan santan kelapa. Hidangan inilah yang kemudian dikenal sebagai soto tangkar. Tak harus bersantap di luar, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Sajikan soto tangkar bersama pelengkap lainnya seperti tomat iris, emping, kecap manis, dan sambal cabai rawit.

Nah, itu dia 26 Soto Paling Enak yang Indonesia punya. Kamu sudah pernah coba soto yang mana saja? Dan, mana yang jadi favorit kamu? Kalau ada yang belum kamu coba dan bikin kamu penasaran setelah membaca artikel ini, kamu harus segera cobain, ya! Biar gak kepikiran! Hahahaha. Jangan lupa share juga pengalaman kamu saat mencoba soto yang sudah disebutkan di atas. Selamat berburu soto khas Nusantara!

LEAVE A REPLY