Gulalives.co – Hari gini, rasanya kita sudah gak aneh kalau lihat anak-anak menguasai apliaksi atau games yang ada di gadget. Tapi, tahukah kamu saat mereka sudah diperkenalkan dengan ponsel atau tablet di usia dini, maka mereka bisa kecanduan gadget. Hal ini bisa dengan mudah terjadi, kalau kita sebagai orang tua tidak memberi pengawasan dan arahan yang tepat, untuk apa gadget digunakan, kapan waktu yang diperbolehkan untuk mereka bermain gadget, dah hal-hal rinci lainnya.

Karena kita pasti sama-sama tahu jika kecanduan gadget pada anak jelas bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Dilansir dari emfprotectionstore.com, kecanduan gadget juga bisa mengganggu kesehatan anak, lho. Karena bisa memicu obesitas, penyakit kardiovaskular, depresi, susah konsentrasi, dan daya ingat yang rendah.

Kok bisa gadget mengganggu tumbuh kembang anak? Bukannya mereka justru terlihat cerdas saat lihai menguasai gadget-nya? Jangan salah, secara tidak sadar, anak yang nyaman dengan gadget-nya merasa tak perlu lagi main keluar rumah, menelantarkan pekerjaan rumah, bahkan mereka tak bisa ikhlas melepas gadget di waktu makan bersama keluarga, jelas hal ini bahaya untuk mereka.

Jadi, kita perlu kenali tanda-tanda perilaku negatif yang terjadi pada anak jika dia sudah kecanduan gadget. Jangan sampai kita telat menyadarinya! Ini dia:

Susah Diajak Ngobrol

Image result for anak gadget cuek
tribunnews.com

Susah bangeeet buat diajak ngobrol. Sering banget dia cuek bahkan gak peduli sama apa yang kita bicarakan. Tapi, kalau yang kita ngomongin gadget? Dia pasti langsung nimbrung dan jadi orang paling semangat!

Malas

Related image
huffingtonpost.com

Setiap harinya yang ada di pikirannya cuma mau main gadget. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, yang menarik perhatiannya hanya layar gadget kesayangannya. Kalaupun dia akan melakukan aktivitas lain, dia akan melakukannya dengan setengah hati. Main di luar rumah? Ogah! Dia pasti akan lebih memilih duduk diam, ngemil, dan? Main gadget lagi.

Uring-uringan

Image result for anak uring-uringan
wajibbaca.com

Dia pasti tantrum deh. Bakal rewel dan uring-uringan banget kalau gak dikasih izin buat main gadget. Dan baru tenang kalau gadget kesayangannya sudah di tangan. Hal ini terjadi karena otaknya butuh asupan dopamin yang baru bisa mereka dapatkan saat asyik bermain gadget. Kalau sudah kecanduan gadget begini, siapa yang stres?

Sering Ngelawan

Related image
mnn.com

Wajar gak sih kalau anak kita marah saat aktivitasnya main gadget diganggu? Kalau dia sampai jadi sering ngelawan dan bikin alasan pembenaran untuk aktivitasnya bermain gadget, kita sudah benar-benar harus monitor-in dia lebih ketat lagi. Karena perilaku anak akan jauh lebih agresif lagi kalau tingkat ketergantungannya pada gadget sudah semakin parah.

Sering Bohong

Image result for anak bohong gadget
sukawu.com

Nah, ini nih yang paling bahaya, karena biasanya saat dia takut dimarahi, anak akan berbohong dengan menyembunyikan gadget dari kita. Terus? Si anak akan kembali menggunakan gadget tersebut secara diam-diam. Sebagai orang tua kita harus lebih peka lho untuk hal yang satu ini. Jadi kalau kita sudah tahu anak mulai sering berbohong, kita gak boleh langsung memarahinya, tapi coba lakukan pendekatan untuk membantunya mengatasi ketergantungannya bermain gadget. Karena mereka butuh kita untuk bisa keluar dari lingkaran ketergantungannya itu.

Bukan marah-marah gak jelas, tapi kita bisa lebih tegas lagi dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak. Jangan sampai tumbuh kembang dan kesehatannya terganggu cuma karena mengikuti perkembangan zaman dan asyik sendiri dengan gadget-nya. Semoga sharing kita kali ini bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY