94 Makanan pun Minuman Khas yang Nyangkut di Tiap Sudut Indonesia ini Ngajak Kamu untuk Terus Jalan-jalan!

0
395 views
ok-salute.it

Gulalives.co – Ngomongin tentang makanan, siapa sih di sini yang kalau lagi traveling, gak penasaran sama makanan khas daerah yang kamu datangi? Sudah pasti kita juga semangat banget kan sama yang namanya wisata kuliner? Ya, walaupun hanya selingan saat kita main ke kota orang, menemukan makanan yang enak tuh bisa jadi kenangan indah di hati.

Related image
vemale.com

Nah, buat kamu yang suka banget jalan-jalan, kali ini kita mau sharing makanan khas dari tiap kota yang ada di tanah air tecinta kita ini. Kita sama-sama tahu kalau tiap kota tuh pasti punya khasnya masing-masing, pembahasan kita kali ini adalah bekal untuk kalian yang mau mulai jalan-jalan. Gak perlu ke pulau apalagi negeri orang kok, mampir ke kota-kota besar yang ada di negeri sendiri juga sudah banyak banget pilihannya. Ini dia 94 Makanan Khas Kota Besar di Indonesia:

Banda Aceh

Related image
tradisionalkesenianjakarta.blogspot.com

Minuman ini biasa disebut Sanger, jenis minuman yang hanya ada di Aceh ini secara umum mirip dengan cappuccino ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dari rasa kopi pada umumnya. Kita kan sama-sama tahu ya, kalau dari dulu kota satu ini memang tekenal dengan kopi saringnya. Nah, untuk kalian anak mudah yang ngaku sebagai pencinta kopi, pasti bisa deh merasakan perbedaan rasa yang Sanger punya. Untuk minuman satu ini, bisa kamu temukan di Warung Solong, tepatnya di kawasan Ulee Kareng dan Chek Yuke, Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Tapi, kamu gak perlu khawatir kok, karena hampir di setiap ruas jalan Banda Aceh pasti banyak warung kopi, bisa dijadiin tempat nongkrong yang asik juga, kan?

Langsa

Related image
rumahmesin.com

Kalian pernah makan mie Aceh? Atau bahkan mie Aceh adalah makanan favorit kalian? Berarti, Mie Aceh Wak Hasan jelas harus masuk dalam daftar buruan kuliner kalau kamu berkunjung ke Kota Langsa. Terletak di pinggir jalan Ahmad Yani, toko mie Aceh yang satu ini punya nama Mitana Cafe. Tapi, masyarakat di Langsa lebih sering menyebutnya Mie Wak Hasan. Nama tersebut diberikan tak lain karena pemilik cafe itu bernama Wak Hasan. Kerennya, selain menjadi pemilik, Wak Hasan ternyata juga turun langsung meracik bumbu mie Aceh. Kemudian ia mencampurkan bumbu dengan daging sapi atau udang. Rasanya? Jelas recommended buat kalian!

Lhokseumawe

Related image
selerasa.com

Kerang Sambal Nanas. Dari namanya saja sudah menggoda para pencinta seafood! Pada malam hari di Jalan Perdagangan, biasanya mulai bermunculan warung-warung dadakan lengkap dengan kursi dan meja yang menjual kerang rebus. Teman nongkrong di malam hari yang selalu berhasil bikin para pelancong bahagia. Kerang dara yang segar dan sama sekali gak bau amis ini langsung direbus begitu saja setelah dibersihkan. Hanya ditambah sedikit garam. Kesederhanaan dari menu ini terletak di sambal cocolannya, di mana sambal cocolan kerang rebus ini adalah sambal nanas yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, kemudian dicampur nanas yang telah dihaluskan. Dan, disempurnakan dengan sedikit merica serta garam, hasilnya rasa gurih dan garing kacang berpadu dalam manis segarnya nanas. Yummy!

Meulaboh

Related image
darmanreubee.com

Untuk kamu yang pernah mampir ke Meulaboh, sebelum pulang dari kota yang terkenal akan tugu Teuku Umarnya ini, pasti akan membeli oleh-oleh khas Meulaboh untuk bukti kalau kamu benar-benar pernah singgah di kota ini. Ya, buah Rumbia! Buah Rumbia adalah buah dengan rasa yang kesat. Buah yang rasanya hasil perpaduan antara kelat dan pahit ini, akhirnya bisa diubah menjadi Asin oleh warga Meulaboh, dengan cara dimasukkan ke dalam larutan garam pun menggunakan air laut. Setelah proses ini selesai, buah tersebut di masukkan ke dalam daun pandan yang dibuat seperti tas. Dalam bahasa Aceh, daun yang dijadikan tas ini disebut dengan Eumpang. Buah ini hampir selalu dijadikan oleh-oleh mereka yang main ke Meulaboh.

Sabang

Related image
sabangmarinefestival.com

Montana adalah nama sebuah hotel yang ada di Jalan O. Surapati Sabang. Hotel ini memiliki restoran yang menawarkan berbagai menu nasi dan mie. Nah, yang paling menarik dari menu yang tersedia di restoran ini adalah nasi goreng seafoodnya. Karena nasi goreng dimasak dengan cara udang dan cumi dipotong-potong berbentuk cincin lalu ditumis dengan bumbu rahasia restoran tersebut, kemudian ditambahkan nasi dengan sedikit campuran jagung dan kacang polong. Nasi goreng ini menggunakan udang dan cumi-cumi segar hasil tangkapan nelayan lokal sehingga hanya dengan sedikit bumbu nasi goreng ini sukses menghasilkan rasa nikmat.

Subulussalam

Image result for Pelleng makanan khas suku Pakpak
ksmtour.com

Pelleng, makanan khas suku Pakpak yang ada di Kota Subulussalam ini adalah makanan berwarna kuning yang disukai semua kalangan di Subulussalam. Pelleng biasanya disajikan pada waktu tertentu seperti acara syukuran, kenduri sunat rasul, pesta perkawinan, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan adat. Namun terkadang ada juga warga yang memasak makanan tradisional ini di hari biasa untuk mengundang sanak saudara mereka datang ke rumah dan makan bersama. Terbuat dari beras putih yang dimasak lebih lunak dari nasi biasa, Pelleng kemudian dihaluskan menggunakan cobek (ulekan). Lengkap dengan asam cikala dan bumbu lainnya seperti kunyit yang membuat Pelleng warnanya berubah jadi kuning. Setelah halus, Pelleng dibentuk sesuai ukuran yang diinginkan dan disajikan dalam piring. Agar lebih nikmat, biasanya Pelleng dilengkapi dengan ayam kampung, kunci memasaknya adalah dengan bumbu yang lebih banyak sehingga kuah lebih terasa dan kental. Kamu bisa ke Subulussalam, karena di sana Pelleng tersedia, meski hanya di hari Minggu di Pasar Tradisional Terminal Terpadu Kota Subulussalam.

Bali

Related image
mocca-chi.blogspot.co.id

Nasi Sela, sejarah makanan yang berasal dari Karangasem ini cukup unik karena masakan sederhana di tahun 1970-an ini muncul ketika daerah tersebut mengalami kesulitan ekonomi. Sehingga masyarakat setempat mencampurkan cacahan Sela (ketela) dan ubi jalar untuk mengatasi kekurangan nasi yang mereka alami di tengah masa krisis, sejak itu makanan ini bertahan sebagai penganan khas Bali bagian timur. Biasanya dicampur dengan jukut (sayur) bejek, ada grago (udang kecil), kacang tanah, bumbu kalas (santan, daging, dan basa gede), sambal bongkot, dan ayam betutu suwir, lalu disajikan dengan sambal matah yang sudah pasti bikin kamu ketagihan! Nah, kalau kamu tertarik mencobanya, kamu bisa datang ke Warung Mek Luh di depan RSUD Karangasem, ya.

Pangkal Pinang

Image result for Lakso
twitter.com

Lakso adalah salah satu makanan khas Pangkal Pinang yang biasanya dijadikan sebagai cemilan saat sedang bersantai di rumah, apalagi jika ditemani dengan teh hangat di pagi hari, pastinya akan menjadi sarapan yang menyenangkan untuk kamu. Lakso terbuat dari tepung beras yang kenyal dan gurih, selain itu lakso juga bisa ditambah dengan abon udang, kerupuk, sosis, dan lainnya yang kamu sukai. Rasa dari jajanan khas Pangkal Pinang layak dicoba!

Cilegon

Related image
en.netralnews.com

Sate Bebek Cibeber adalah salah satu menu khas dari Cilegon. Makanan ini sama dengan sate pada umumnya, yang membedakan hanyalah daging yang digunakan yaitu daging bebek. Bumbunya sangat khas, berwarna merah dengan rasa yang manis. Kebanyakan traveler pulang dengan rasa puas setelah mencicipi menu satu ini. Dan, yang menarik dari Sate Bebek Cibeber ini adalah rasanya sama sekali tidak amis. Padahal, kita sama-sama tahu kalau daging bebek terkenal dengan bau amisnya yang menyengat. Tapi, karena proses pengolahannya tepat, maka daging unggas satu ini pun terasa lezat dan hilang amisnya. Salah satu warung makan yang menjual sate bebek paling lezat di Kota Baja ini ada di kawasan Pantai Anyer, tepatnya di rumah makan Cindelaras.

Serang

Image result for Angeun Lada
rasamasa.com

Angeun Lada atau lebih dikenal dengan sayur lada ini merupakan makanan khas Serang yang terbuat dari bahan dasar sayuran, daun walang, dan juga daging sapi. Makanan ini juga merupakan makanan yang sangat lezat, jadi kalau kalian main ke Serang, jangan sampai kalian gak nyobain makanan yang satu ini, ya.

Tangerang Selatan

Related image
kompas.com

Ikan ceng cuan merupakan sajian kuliner yang dibuat dari ikan laut, namun saat ini biasanya diganti dengan ikan bandeng atau ikan tenggiri. Kuliner ini mirip dengan pindang ikan di Palembang, terbuat dari bumbu yang dicampur dengan kuah ikan dan juga daging ikan yang dimasak matang. Kuah ikan ceng cuan berwarna coklat dengan ditambah tampilan irisan cabe merah, seledri dan juga tumisan bawang putih. Kebayang gak enaknya?

Tangerang

Related image
goodchefbadchef.com

Laksa tangerang ini adalah makanan yang terbuat dari mie putih seperti mie bihun yang ukurannya lebih besar seperti spaghetti. Tekstur mie ini cenderung kasar dan tidak lentur layaknya mie kuning. Mie ini di diberi tambahan kuah dengan rasa gurih yang terbuat dari tambahan santan, isian Laksa tangerang ini hanya mie dengan siraman kuah sayur yang diberi taburan daun kucai, potongan daging ayam atau telur ayam. Daging ayam yang digunakan ini pun terlebih dahulu dibakar supaya memberikan rasa dan aroma ayam bakar, sehingga membuat rasanya semakin gurih. Laksa yang ada di Tangerang ini ada dua jenis yaitu laksa nyai yang merupakan laksa buatan kaum pribumi dan laksa nyonya yang merupakan laksa buatan kaum peranakan china. Kamu sudah pernah coba?

Bengkulu

Image result for pendap makanan khas bengkulu
nulis.co.id

Makanan khas Bengkulu ini diberi nama Pendap, wajib kamu coba saat berkunjung ke Bengkulu. Makanan ini dikenal hampir oleh seluruh warga Bengkulu. Pendap merupakan varian lauk yang terbuat dari ikan. Cara memasaknya cukup mudah, pertama tama siapkan beberapa bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda. Kemudian bumbu tersebut dimasukkan ke dalam daun talas bersama dengan daging ikan. Setelah itu, pendap dikukus kira kira 8 jam sampai ikan benar-benar matang dan bumbunya meresap. Pendap siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Kamu harus coba ini kalau lagi main ke Bengkulu, asli enak!

Gorontalo

Related image
rockingmama.id

Sate memang dikenal berasal dari Madura. Namun beberapa daerah juga memiliki sate khasnya masing-masing, bahan dasar dan racikan bumbunya yang mencirikan perbedaan dari sate itu sendiri. Nah, Gorontalo juga memiliki sate khasnya sendiri, yaitu Sate Tuna. Tak seperti restoran seafood biasanya, yang hanya menyajikan ikan tuna goreng ataupun dibakar dalam bentuk utuh. Di Gorontalo ini ikan tuna justru dipotong dalam bentuk dadu dan ditusuk seperti sate. Buat kamu pencinta ikan dan sate, menu satu ini pas banget buat kamu coba!

Jakarta

Related image
sedapkuliner.com

Kepopuleran soto betawi masih terasa sampai hari ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan mudahnya makanan khas satu ini dijumpai di tempat-tempat makan yang menerapkan soto betawi pada daftar menunya. Alasan soto betawi tetap eksis adalah karena rasanya yang nikmat dan lezat. Soto betawi adalah makanan khas Betawi yang sangat populer di Jakarta. Soto betawi berbeda karena isiannya yang lebih banyak menggunakan jeroan. Selain jeroan, biasanya juga disertakan organ-organ sapi lain seperti mata, torpedo, dan hati. Makanan berkuah satu ini benar-benar nikmat dan bikin kenyang terasa lebih happy.

Sungai Penuh

Related image
haloselebriti.net

Dendeng batokok berbeda dengan dendeng biasa. Dendeng umumnya agak kering. Jika dikunyah seperti makan keripik. Sementara dendeng batokok bertekstur lembut dan rasa daging terjaga dengan bumbu yang berani sehingga nikmat dimakan begitu saja atau ditemani lado (cabe) merah encer khas Sungai Penuh. Di sana dendeng batokok disajikan dalam bentuk sayatan segi empat, tekstur daging lembut setelah diberi bumbu dan ditemani dengan saus atau kuah cabe merah encer berbumbu. Salah seorang yang merintis dendeng batokok di Sungaipenuh adalah Nenek Upik Manis pada Tahun 1972. Tradisi mengolah dendeng tersebut diturunkan hingga ke anak dan kini menurun lagi ke cucunya. Sudah tiga generasi, Rumah Makan Tuah Sepakat di pusat kota itu bertahan dengan pelanggan terus berdatangan, baik pelanggan lama mau pun baru. Kamu mau segera jadi pelanggan barunya?

Jambi

Related image
tempo.co

Tak lengkap rasanya jika kita main ke Jambi tanpa merasakan minuman yang satu ini. Jus pinang adalah minuman khas Jambi yang seratus persen terbuat dari buah pinang. Hanya saja jus ini ditambahi campuran bahan lain seperti tambahan jahe, gula merah, pandan, cengkeh, serai dan kulit manis. Jus ini dipercaya dapat mengobati masuk angin dan memelihara daya tahan tubuh. Minuman yang enak dan penuh manfaat!

Bandung

Image result for siomay bandung
siomaysukasuka.com

Makanan khas Bandung yang satu ini pasti sering kita jumpai kan? Baik di sekolah, perumahan, pinggir jalan dan juga di perkantoran. Siomay Bandung ini terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan sagu, makanan satu ini semakin nikmat karena tambahan bumbu kacang yang khas. Kalau kamu main ke Kota Bandung, kamu harus mampir ke Jalan Veteran Bandung, di sana bisa kamu temui siomay yang rasanya luar biasa enak karena memang gudangnya.

Bekasi

Related image
menuresepkue.com

Mungkin jarang yang tahu kalau ternyata Kue Rangi ini asli dari Bekasi. Proses pembuatannya yang cepat dan rasanya yang enak ini jadi alasan Kue Rangi layak untuk dikunyah! Terbuat dari tepung sagu yang dicampur kelapa parut kasar dan garam. Setelah diaduk jadi satu, dipanggang dalam keadaan kering. Kue ini ditambahkan dengan siraman gula merah yang diencerkan dengan sedikit sagu sehingga menghasilkan saus gula kental. Enaknya luar biasa, bikin gak pengin berhenti ngunyah!

Bogor

Image result for Asinan jagung bakar
ksmtour.com

Selain soto mie, salah satu kuliner khas Bogor yang sangat unik adalah Asinan jagung bakar. Jagung manis yang telah dibakar ini kemudian dipipil (dilepaskan dari bonggolnya) dan dicampurkan dengan kuah air cabai yang sudah diracik dengan cuka dan gula. Rasanya yang unik, manis, asam, dan pedas berpadu menjadi satu. Sangat cocok untuk disantap saat cuaca sedang gerah-gerahnya. Asinan jagung bakar ini biasanya disantap bersama kerupuk mie dan irisan mentimun. Kamu juga bisa menemukan asinan jagung bakar satu ini di Gg Aut, Jl Suryakencana, Bogor.

Cimahi

Related image
jvillatoro.blogspot.com

Kuliner Cimahi yang enak ini adalah Kue Balok. Kue yang sangat sederhana ini memiliki rasa yang sangat khas. Kue Balok ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan empuk. Apalagi varian rasa yang disajikan bisa banget memanjakan lidah kita sebagai pelanggan yang menginginkan beragam rasa. Tak pernah surut pelanggan, kue ini bisa kamu temui di Jl. Jendral Sudirman tepatnya setelah SMPN 2 Cimahi.

Cirebon

Image result for nasi jamblang
travelingyuk.com

Selain nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang juga wajib kamu coba adalah Nasi Lengko. Kalau kamu adalah salah satu pencinta nasi pecel, pasti kamu akan menganggap nasi lengko ini sebagai nasi pecel khas Cirebon. Nasi lengko dipadukan dengan beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu tempe. Nah, yang jadi ciri khas nasi lenko adalah disiramnya makanan tersebut dengan kuah bumbu kacang yang jadi favorit para penyuka kuliner pedas. Nasi lengko semakin harum dan nikmat karena ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun kucai. Laper gak bayanginnya?

Depok

Related image
imgrum.org

Sop Durian di Kota Depok satu ini benar-benar menggemaskan. Bayangkan saja, buah Durian yang dicampur dengan berbagai varian rasa, selalu berhasil menggoda pertahanan para pencinta Durian. Nah, kamu bisa puas nikmatin sop buah dengan aroma khas ini di Ramanda, antara Jalan Margonda Raya dan Jalan Arif Rahman Hakim, tempat ini sudah terkenal dan selalu berhasil membuat pelanggannya kembali dan kembali lagi. Mereka juga jago banget kasih nama untuk menu-menu yang disajikan. Seperti: Strawberry dan Roti (Beriti), Strawberry Ketan (Berita), Strawberry Kelapa (Beripa), Kacang Ijo Ketan Roti (Zoker), Kacang Ijo Roti (Zero), sampai Kacang Ijo Ketan (Zotan). Tenang, masih banyak varian rasa baru lainnya yang bisa langsung kamu jumpai di sana. Cobain!

Sukabumi

Related image
resepdanmasakan.com

Selain moci Makanan khas Sukabumi lainnya adalah Tutug Oncom yang merupakan harta karun tersembunyi dari kota Sukabumi. Tutug oncom dijual di angkringan Kota Paris. Meski baru buka sekitar 1 tahun yang lalu, namun penjualan tutug oncom ini selalu ramai oleh pembeli. Berdasarkan testimonial para pembelinya, angkringan yang menjual Tutug Oncom ini mempunyai sajian kuliner yang rasanya enak dan harganya murah. Dan, tentu saja Tutug Oncomlah yang menjadi primadonanya.

Tasikmalaya

Related image
goodindonesianfood.com

Kupat tahu merupakan satu dari sekian banyak sajian kuliner khas Tasikmalaya yang harus kamu coba saat berkunjung ke sana. Kupat tahu Tasikmalaya biasanya banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Rasanya sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunakan campuran bumbu yang khas dan asli dari Tasikmalaya. Mungkin dari segi tampilan memang sama dengan kupat tahu dari daerah lain, namun rasanya sangat lezat khas masakan sunda Tasikmalaya, beda dengan tempat lainnya. Jika kamu penasaran dengan rasa kupat tahu Tasikmalaya, kamu bisa datang ke Jalan Raya Mangunreja, Singaparna, di sana ada penjual kupat tahu Tasikmalaya yang rasanya enak banget!

Banjar

Related image
masakandapurku.com

Kalau kamu berkunjung ke tempat ini di sore hari. Kamu dapat menjumpai puluhan pedagang Ayam Goreng Khas Banjar. Mereka biasa buka sejak pukul 14:00 hingga pukul 21:00. Harga ayam goreng di sini cukup bervariasi. Soal rasa? Kamu gak perlu ragukan lagi kok, karena asli enak! Bukan cuma ayam goreng, di siang hari, kamu juga bisa nyobain Mie Ayam Osis yang sudah jadi makanan andalan para pelanggan. Martabak dan Bakso juga ada di sini! Puas makan, dijamin!

Magelang

Related image
cookpad.com

Opor entok adalah salah satu ikon kuliner kota Magelang. Makanan berkuah yang menggunakan angsa sebagai hidangan utamanya ini bisa kamu temukan di desa Menowo yang masih termasuk dalam kawasan Magelang. Salah satu tempat makan opor entok di desa Menowo, Magelang yang terkenal adalah Opor entok Johar Sari ala bu Cipto. Angsa atau entok yang diolah menjadi opor ini dibakar hingga mengeluarkan lemak dan minyak, jadi kuah kaldu opornya lebih kental dan berminyak. Opor entok dan opor angsa ini berbeda dengan opor ayam. Jika opor ayam kuah dan kaldunya disatukan, opor entok memisahkan kuah dan enthognya. Penyajian opor entok biasa disajikan lengkap dengan nasi putih, lalapan mentimun dan daun pepaya, serta sambal ijo jelantah. Kamu dijamin bakal senyum-senyum kalau sudah kenyang, karena rasanya enak banget!

Pekalongan

Related image
dining.grivy.com

Makanan khas Pekalongan yang sangat mewah ini diberi nama Garang Asem. Kenapa disebut berkelas? Karena beberapa restoran besar di Jakarta menyediakan menu ini dengan harga yang cukup mahal. Jadi kalau kamu main ke Pekalongan, harus deh cobain makanan yang satu ini. Makanan khas Pekalongan ini dibuat dari tetelan daging sapi dan disiram dengan kuah yang rasanya asam tetapi nikmat dan segar. Dalam kuah garang asem biasanya terdapat beberapa potongan buah tomat. Selain tetelan daging, di dalamnya juga teradapat jeroan sapi, daging ataupun telur ayam. Makanan ini akan semakin nikmat jika rasanya dibuat pedas.

Purwokerto

Related image
resephariini.com

Soto Sokaraja berbeda dengan dengan soto di daerah lain. Yang paling mencolok adalah kuahnya yang sangat kental. Sekali mencoba dijamin bakal ketagihan. Soto ini dimakan menggunakan ketupat yang diberi bumbu kaldu kental dan gurih. Ada dua rasa yang bisa Anda pilih, yaitu rasa daging ayam dan sapi. Harganya yang sangat terjangkau mulai dari Rp. 25,000 untuk satu porsi ini juga jadi alasan Soto Sokaraja sukses jadi makanan favorit pelancong yang main ke Purwokerto.

Salatiga

Related image
salatigacity.com

Soto Esto merupakan soto dengan kuah santan yang ringan dan tidak terlalu pekat, berisi kecambah, sohun, nasi dan daging ayam suir, membuat soto ini begitu menggugah selera. Soto Esto sangat khas karena disantap dengan kerupuk beras yang sering disebut karak. Selain dengan kerupuk Soto ini juga pas disantap dengan aneka sate jerohan yang lezat! Penasaran? Cobain gih!

Semarang

Related image
cookpad.com

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas. Kamu bisa mencoba kuliner ini di Simpang Lima. Harga seporsinya gak bikin kantong kamu kosong kok. Murah meriah dan ngenyangin banget!

Surakarta

Related image
bonvoyagejogja.com

Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing, namun kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa saat kamu menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya. Makanan ini bisa kamu temukan di samping Gapura Pasar Klewer dan Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jl Letjend Sutoyo.

Tegal

Related image
bogana-milka.com

Nasi Bogana ini sekilas memang mirip dengan nasi rames. Nah, yang membedakan adalah nasi bogana terdiri dari nasi putih yang lauknya bermacam-macam seperti kari ayam, opor ayam, telur pindang, dendeng, oseng tempe atau buncis, dan ditambah taburan bumbu serundeng. Makanan khas Tegal ini disajikan menggunakan daun pisang sehingga menambah kesan alami, dan membuat rasanya pun semakin nikmat. Nasi Bogana banyak ditemui di tempat wisata di Tegal, bahkan saat ini sudah merambah ke berbagai restoran-restoran mewah sebagai salah satu menu istimewa.

Batu

Image result for Pecel Kawi
republika.co.id

Pecel ini memang khas Kota Batu di Malang. Dijual di Jalan Kawi sehingga makanan satu ini dinamakan Pecel Kawi khas Kota Batu. Berbeda dengan pecel pada umumnya, pecel ini diguyur dengan bumbu kacangnya yang lebih manis, gurih, dan asin sehingga terasa sangat spesial. Pecel ini sangat legendaris di Kota Batu, karena udara di sana yang dingin, sajian Pecel Kawi bisa menjadi santapan yang sangat cocok untuk kamu yang menginginkan masakan tradisional di Kota Batu. Pecel Kawi janji gak akan mengecewakan, hehehehe.

Blitar

Related image
resepnusantara.id

Yuk, kita cobain minuman khas Blitar, namanya Es Pleret. Es pleret ini minuman es yang terbuat dari tepung beras. Dan, supaya lebih menarik, manis dan juga menyegarkan, es pleret disajikan dengan sirup dan santan.

Kediri

Related image
pengusahasukses.com

Kamu terkejut gak pas tahu nama dari makanan khas Kediri ini? Sate Bekicot ada kabupaten Kediri. Kenapa namanya Sate Bekicot? Ya, karena makanan ini terbuat dari bekicot paling terkenal di Perancis, namanya Escargot. Sate Bekicot khas kota Kediri juga biasa disebut Sate Nol Dua (02). Makanan khas Kediri satu ini bisa kamu temui di desa Djengkol yang berada 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Sate bekicot bisa kamu dapatkan dengan cukup merogoh kocek mulai dari Rp. 15,000 per bungkusnya, dan satu bungkus Sate Bekicot bisa berisi sampai 50 tusuk. Murah, nikmat, dan kenyang!

Madiun

Image result for Nasi Pecel madiun
chatarazzi.com

Nasi Pecel ini merupakan satu dari sekian banyak makanan khas Madiun yang populer. Hampir setiap kota di Jawa Timur mmpunyai varian pecel yang sesuai dengan daerahnya masing-masing. Namun, pecel di Madiun agak berbeda dari daerah lain karena adanya Kembang Turi dan Lempeng. Di daerah lain biasanya menggunakan rempeyek untuk kerupuknya. Untuk penyajiannya biasanya menggunakan pincuk serta dinikmati dengan lauk tambahan seperti empal dan jerohan.

Malang

Image result for Cwie Mie
gldelapan.com

Cwie Mie adalah kuliner Malang yang mirip dengan mie ayam biasa. Bedanya, makanan khas Malang ini menggunakan daging ayam yang dihancurkan (mirip dengan abon). Cwie Mie Malang biasanya disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari pangsit kemudian ditambahkan kuah gurih, daun selada segar, dan taburan bawang goreng. Anda bisa menemukan Cwie Mie di Resto Hot Cwie Mie Malang, Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo Batu.

Mojokerto

Image result for Sate Keong Mojokerto
resepnusantara.id

Sate banyak ditemukan di daerah lainnya. Namun Sate Keong Mojokerto ini cukup unik, karena Keong yang dijadikan bahan untuk membuat sate ini banyak ditemukan di persawahan milik masyarakat setempat. Cara membuat sate keong ini cukup mudah, faktor kebersihan adalah hal yang wajib diperhatikan. Perlu ketelitian supaya pembuat makanan ini bisa menciptakan rasa yang menggoda. Sebelum melepas keong dari cangkangnya, keong harus direbus terlebih dulu dengan air panas agar kotoran yang menempel pada keong bisa keluar. Setelah itu, barulah keong dikeluarkan dari cangkangnya dan mulai diolah menjadi sate. Tusuk keong dengan lidi dan siram dengan bumbu. Yummy!

Pasuruan

Image result for Rawon khas Pasuruan
masakandapurku.com

Rawon khas Pasuruan ini bumbu utamanya adalah daging dan bumbu rempah-rempah. Rawon ini disajikan dengan sambal cabe, irisan bawang, serta tauge. Rasanya yang gurih membuat banyak orang ketagihan jika menyantap masakan ini. Kamu gak ngiler?

Probolinggo

Image result for Soto Kraksaan
alvinkaddafi.student.umm.ac.id

Soto Kraksaan punya khas yaitu bahan bumbunya yang berbeda dari biasanya, bahan daging ayam yang dipakai adalah ayam jantan dengan bumbu santan yang dilengkapi dengan serbuk kelapa yang disangrai, dan sebagai pelengkap Soto Kraksaan ini memilih irisan kentang yang di kukus dan ditambahkan kerupuk udang sebagai pelengkapnya, jadi kalau kamu berkunjung ke sana, kamu bisa menemukan makanan satu ini di utara Masjid Agung Ar-Raudlah dan di sebelah timur Rutan Kraksaan.

Surabaya

Related image
harianindo.com

Tahu Campur Kalasan adalah makanan khas Surabaya yang termasuk salah satu kuliner terlezat dan sayang untuk dilewatkan kalau kamu main ke Surabaya. Perpaduan antara daging sapi, perkedel singkong, tahu goreng, taoge, dan selada membuat lidah gak mau dilarang untuk mencobanya. Apalagi bumbu petis yang hampir terdapat pada setiap makanan khas Surabaya. Pasti akan membuatmu gigit jari jika sampai kelewatan, pasti bakal kepikiran dan gak bisa tidur kalau gak mencobanya.

Pontianak

Related image
rasamasa.com

Makanan khas Pontianak yang satu ini adalah Chai Kwe atau Choi Pan. Meskipun kue ini merupakan jajanan khas Tionghoa, tapi kue ini halal kok. Makanan ini merupakan sayuran seperti kucai, kacang, bengkoang, rebung, dan talas dibungkus dengan adonan tepung beras. Kemudian, di atas kue ini diberi taburan bawang putih goreng sehingga rasanya semakin sedap. Chai Kwe disajikan dengan cara dikukus atau digoreng. Kamu bisa pilih sesuai selera. Beberapa pedagang Chai Kwe juga menambahkan saus khas yang bikin kue ini semakin nikmat.

Singkawang

Image result for Rujak Ebi
masakankhassingkawang.blogspot.co.id

Sama halnya dengan rujak pada umumnya, Rujak Ebi juga terbuat dari aneka buah-buahan tropis seperti mangga muda, pepaya muda, jambu merah, kedondong, bengkoang, dan mentimun yang disiram dengan saus kacang yang dihaluskan bersama dengan cabai rawit. Namun, yang membedakan Rujak Ebi dari rujak kebanyakan adalah taburan ebi parut di atasnya sehingga rasanya pun berpadu antara asam, segar, manis, pedas, dan asin.

Banjarbaru

Related image
commons.wikimedia.org

Makanan khas yang paling terkenal dari Banjarbaru ini tidak jauh berbeda dari soto Indonesia pada umumnya. Hanya saja kuahnya lebih bening, meskipun ada juga Soto Banjar yang berkuah keruh. Uniknya, soto banjar ini tidak disajikan dengan nasi, tapi dengan ketupat. Enaknya bikin ketagihan!

Banjarmasin

Image result for ipau banjar
coretanyanti.wordpress.com

Makanan ringan khas Banjarmasin satu ini bernama Ipau atau Pizza Banjar. Bentuknya bundar dan terdapat taburan daging di atasnya. Ada dua varian Ipau pada umumnya, yakni ipau kering dan ipau siram santan. Penasaran dengan rasanya? Silahkan langsung coba kalau kamu main ke Banjarmasin, ya!

Palangkaraya

Image result for Wadi Patin palangkaraya
erabaru.net

Wadi Patin makanan khas Palangkaraya dengan bahan dasar ikan patin yang sudah difermentasi terlebih dahulu, kemudian digoreng dan dikukus. Fermentasi tadi menimbulkan rasa asam pada makanan ini, sedangkan pengolahan lainnya menghasilkan rasa asin. Asin dan asam yang tercampur di hidangan satu ini sangat khas dan segar. Wadi Patin sangat pas disantap lengkap dengan pedasnya sambal serai. Lezat!

Balikpapan

Related image
cookpad.com

Kamu tahu Onde-onde, kan? Nah, kalau Onde-onde Ubi Ungu ini merupakan salah satu jenis jajanan tradisional khas dari Balikpapan. Terbuat dari Ubi Ungu, camilan satu ini bisa kamu temukan di Rumah Kue Brownies. Sayang banget kalau kamu sudah jauh-jauh ke Balikpapan, tapi gak sempat nyobain camilan satu ini. Karena rasanya sangat lezat! Apalagi kalau kamu gak suka sama onde-onde kacang hijau pada umumnya, pilihan rasa satu ini bisa banget kamu coba!

Bontang

Image result for sambal gami
sambalgamibontang.blogspot.co.id

Bawis adalah jenis ikan yang biasa dimakan oleh masyarakat di Bontang dan sekitarnya. Gami atau sambal gami adalah sambal khas Bontang. Sambal ini unik karena dihidangkan di atas cobek yang sudah dibakar, sehingga membuat sambal pun mendidih untuk beberapa saat. Kemudian Gami Bawis sendiri adalah Ikan Bawis yang sudah digoreng atau dibakar, dan dimasak lagi di dalam sambal Gami sampai lunak dan rasa sambalnya meresap ke dalam ikan. Dihidangkan di atas cobek yang telah dibakar sebelumnya, rasa pedas dan asinnya masuk sampai ke tiap bagian ikan. Pencinta ikan gak boleh lewatkan menu yang satu ini!

Samarinda

Image result for Ayam Cincane
grid.id

Ayam Cincane merupakan olahan ayam kampung dengan berbagai macam rempah. Warna merahnya yang menggoda membuat tak lagi bertanya kenapa hidangan ini begitu populer. Kamu bisa menemukan di kawasan kota Samarinda.

Tarakan

Image result for sate temberungun
borneochannel.com

Pasti Anda tidak tahu bukan apa itu sate temberungun? Dan makhluk jenis apakah temberungan ini? Sabar sebentar lagi saya akan jelaskan. Temberungun adalah jenis biota laut yang masih serumpun dengan kerang. Bedanya temberungun dengan kerang nampak dari tekstur kulitnya. Kulit temberungan melingkar seperti terompet sedangkan kapa sama halnya dengan kerang atau tuday. Temberungun ini amat nikmat jika di masak dalam bentuk sate dengan dilumuri bumbu yang diracik dengan berbagai bahan rempah-rempah pilihan. Biasanya pesta sate temberungun ini terjadi setiap setahun sekali ketika pergantian tahun baru. Jika Anda ingin mencoba jajanan kuliner sate temberungan, silakan Anda berlibur pada saat tahun baru di Tarakan.

Batam

Related image
sarahjalan.com

Mie yang dipakai dalam sajian kuliner mie tarempa adalah mie berjenis gepeng dan agak lebar. Mie ini dimasak dengan bahan bahan dan rempah rempah yang sama dengan mie goreng biasa. Hanya saja, mie tarempa ditambah dengan topping suwiran ikan tongkol atau tambahan olahan seafood sehingga rasanya menjadi sangat lezat.

Tanjungpinang

Related image
apasih.web.id

Teh tarik adalah teh yang dicampur dengan susu manis. Busa yang menghias bagian atas teh dihasilkan dengan cara menuangkan ramuan ini dari satu gelas ke gelas lainnya. Teh tarik biasanya dinikmati bersama nasi lemak atau roti prata.

Lampung

Related image
5makanankhasindonesiayangterkenal.wordpress.com

Kalau kamu suka ikan, mungkin Seruit bisa jadi pilihan hidangan yang kamu santap di Lampung. Seruit terbuat dari ikan yang dibakar atapun digoreng. Tak lupa tambahan sambal terasi, tempoyak, atau mangga. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat seruit adalah ikan sungai seperti baung, belide, layis, dan jenis ikan darat lainnya. Selain itu, ada tambahan lalapan untuk menambah kelezatan masakan ini. Ada cara yang biasa dilakukan orang Lampung untuk menikmati seruit. Ketika mau memakannya, kamu harus menambahkan tempoyak ke dalam seruit. Buat yang belum pernah ngerasain tempoyak, pasti akan bilang kalau tempoyak itu aneh.

Metro

Related image
twitter.com

Tempoyak dibuat dari daging durian yang telah matang benar, lalu dipisahkan dari bijinya, setelah itu ditambahkan garam sedikit dan juga cabe rawit dan simpan dalam wadah tertutup rapat pada suhu ruangan. Tempoyak sendiri merupakan buah durian yang difermentasikan. Setelah disimpan dalam wadah tertutup rapat selama tiga sampai lima hari, buah durian sudah terfermantasikan dan telah menjadi tempoyak. Rasa tempoyak asam namun masih tersisa manisnya juga.

Ternate

Related image
okezone.com

Makanan khas Ternate yakni “Gohu Ikan”, sajian ikan tuna mentah dengan kucuran saus yang khas. Penyebutan makanan ini harus lengkap, sebab jika hanya disebut “gohu”, artinya adalah rujak asinan pepaya muda yang juga sama terkenalnya di Ternate. Karena kemiripannya dengan panganan khas Jepang, sashimi, sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Tidore

Image result for Kopi dabe tidore
mirnacathryna.blogspot.co.id

Kopi dabe sudah ada sejak jaman dahulu kala. Sejak ratusan tahun lalu. Konon, dulu kopi ini hanya disajikan untuk tetamu kehormatan Sultan Tidore. Masa itu, membuatnya pun harus menggunakan belanga khusus terbuat dari tanah liat yang didatangkan dari Pulau Mare, pulau di selatan Tidore. Karenanya belanga itu disebut balanga mare. Tapi kini pembuatan kopi dabe sudah memakai panci-panci modern. Malah nyaris tak ada lagi yang menggunakan belanga tanah liat.

Ambon

Related image
koleksiresepiemak.blogspot.my

Makanan khas Ambon manise yang satu ini terbuat dari ketan putih dan srikaya hijau yang diolah sedemikian rupa dan dijadikan pengganti sarapan oleh sebagian besar masyarakat Ambon. Nasi pulut srikaya ini selain enak juga mampu meredakan perut lapar setelah seharian berkeliling kota Ambon.

Tual

Image result for Embal khas kota tual
panganpedia.com

Embal merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Kei yang berasal dari singkong. Bentuk, rasa dan cara menikmatinya pun bermacam-macam, bisa dimakan dengan ikan asar, ikan kuah, sayur dll pada saat makan besar, bisa pula dimakan sebagai penganan dengan dicelup ke dalam teh. Ada embal yang berbentuk bubuk, goreng, embal swami dan embal busa (dicetak).

Bima

Image result for Uta Maju Puru
bimasumbawa.com

Uta Maju Puru (Daging rusa bakar) yakni penganan dari daging rusa yang merupakan makanan favorit masyarakat Bima juga. Biasanya daging itu diawetkan dengan cara didendeng. Daging rusa ini dibakar dan ditambahi bumbu pelengkap sehingga rasanya sangat lezat dan gurih.

Mataram

Image result for ayam taliwang lombok
onweekend.co

Siapa yang tidak kenal makanan khas Lombok ayam taliwang ini? Kuliner ini sangatlah terkenal bahkan sampai ke luar Lombok. Satu porsi ayam utuh berlumurkan bumbu khas Lombok untuk ayam taliwang kemudian dimasak dengan cara dibakar ataupun digoreng, cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat dan sambal khas Lombok. Banyak sekali warung makan di Lombok yang menyajikan ayam taliwang sebagai menu andalannya.

Kupang

Related image
keeprecipes.com

Rujak manis yakni aneka buah yang dihidangkan dalam racikan rujak akan membuat badan Anda segar setelah menyusuri seharian jalanan Kota Kupang yang panas nan berdebu. Tak hanya itu, curahan air kental gula merah Rote dicampur dengan tumbukan kacang tanah menambah kenikmatan rujak yang dijual.

Sorong

Related image
blog.kulina.id

Kota sorong selain terkenal dengan keripik keladinya juga tidak kalah terkenal dengan abon gulungnya. Abon gulung merupakan makanan khas papua yang sudah terkenal ke semua orang di indonesia. Roti abon gulung ini tidak seperti roti gulung pada biasanya. Roti abon gulung khas papua mempunyai ukuran yang lebih besar dari yang lainnya. Tidak hanya ukuran saja yang membuatnya istimewa, tetapi abon yang terdapat didalam roti gulung tersebut sangat banyak dan mempunyai cita rasa yang sangat enak. Abon gulung juga bisa dibeli di toko oleh-oleh di sorong. Akan tetapi roti abon gulung tidak terlalu lama bertahan, sehingga kalau buat oleh-oleh dirumah harus segera dimakan atau agar lebih awet bisa disimpan didalam lemari es.

Jayapura

Related image
resepmasakanindonesiaku.info

Nama makanan khas Jayapura ini mungkin terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat indonesia, saya sendiri pada waktu pertama kali mendengar nama ini mengira bahwa makanan ini merupakan makanan dari luar negeri. Ternyata makanan tersebut merupakan makanan khas Jayapura. Anuve habre adalah makanan khas Jayapura yang terbuat dari ikan cakalang. Resep makanan anuve habre sebenarnya sangat mudah. Yang perlu disiapkan antara lain, daun talas sebagai pembungkus, ikan cakalang, garam, asam jawa dan air secukupnya. Cara membuatnya yang pertama rebus daun talas hingga layu, kemudian masukkan ikan cakalang yang telah diberi garam dan asam jawa, kemudian kukus ikan yang dibungkus tersebut hingga matang dan anuve habre siap disantap.

Dumai

Related image
kulinersehat.com

Bolu Kemojo merupakan makanan Khas Melayu Dumai. Makanan yang satu ini biasanya dapat ditemui di waktu hajatan, saat bulan puasa, dan acara pernikahan. Bolu kemojo ini biasanya berwarna hijau dan terbuat dari tepung terigu.

Pekanbaru

Image result for es air mata pengantin
mangcook.com

Minuman yang namanya tak kalah unik yaitu es air mata pengantin. Minuman ini berisi agar-agar yang berwarna warni, selain itu es air mata pengantin ini ini juga berisi biji selasih, nata de coco, bewah, dan serutan es batu. Sangat cocok buat kamu yang lagi kepanasan di Kota Pekanbaru.

Makassar

Image result for Konro
inijie.com

Konro yaitu masakan tradisional khas Makassar. Memiliki bahan dasar iga sapi atau daging sapi. Daging sapi direbus bersama dengan bahan lain seperti kayu manis, air asam jawa serta beragam bahan yang lain. Lalu tumisan campuran beberapa bumbu masak seperti merica, pala, kacang merah serta bahan yang lain, dituangkan dalam rebusan iga sapi. Warna gelap sop konro sendiri berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam. Konro aslinya dimasak berkuah berbentuk sup yang kaya rempah-rempah.

Palopo

Related image
wacana.co

Pacco adalah nama kuliner khas Kota Palopo yang dibuat dari ikan mentah layaknya makanan jepang, jenis ikan yang digunakan biasanya adalah jenis ikan tembang. Proses pembuatannya yaitu ikan dipisahkan dari tulang dan kepalanya sehingga hanya tersisa dagingnya saja. Kemudian potong kecil-kecil sesuai selera. Berikan air perasan jeruk nipis agar ikan mask. Tambahkan sedikit asam patikala untuk menghilangkan bau amis dari ikan. Lengkapi dengan lombok dan sedikit kacang yang telah dihaluskan. Menikmati pacco paling pas bersama dengan beberapa lembar dange.

Parepare

kanre santan
alfi2000.wordpress.com

Berkunjung ke Parepare, maka tak lengkaplah rasanya bila tidak menikmati kanre santan atau biasa disingkat dengan kanse. Kanse merupakan nasi yang dicampur dengan air santan dan dihidangkan bersama dengan aneka lauk yang tersedia. Campuran air santan inilah yang membedakan dengan makanan lainnya, yang bisa menambah selera makan bagi para penikmatnya.

Palu

Image result for Ayam bambu palu
lewatmana.com

Ayam bambu khas Palu. Masakan ini sebenarnya merupakan sajian masakan berkuah bumbu yang dicampur dengan ayam yang dimasak menggunakan bambu. Cita rasa yang dihasilkan bumbu tersebut sangat menggugah selera dan bisa membuat anda ketagihan. Cara pengolahan ayam yang dimasak dengan bambu inilah yang menjadi keunikan tersendiri sajian kuliner khas Palu ini.

Bau-Bau

Image result for Parende bau bau
liputan6.com

Parende adalah merupakan jenis masakan ikan yang disajikan dengan kuah panas olahan makanan khas Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Parende merupakan menu ikan yang berkuah, dan pada umumnya menu ini sering disajikan pada momen-momen spesial, misalnya pesta dan lain-lain. Ikan Parende terdiri dari ikan laut yang direbus bersama bumbu-bumbu seperti bawang, lombok, tomat dan bumbu-bumbu lainnya.

Kendari

Related image
harnas.co

Sate gogos pokea adalah sate yang terbuat dari bahan dasar kerang, nama pokea sendiri merupakan nama lokal untuk kerang. sate kerang ini disajikan tidak memakai bumbu apa-apa (hanya kerang rebus lalu ditusuk bambu) atau kadang dibuat seperti bumbu bacem manis. Inilah makanan khas Kendari.

Bitung

Image result for sashimi khas Bitung
colorfulbitung.com

Makanan yang dikenal dari negeri matahari terbit ini juga sudah banyak dijual di berbagai restoran di Indonesia. Namun, Kota Bitung menjual sashimi khas Bitung yang mempunyai keunikan tersendiri. Sashimi yang disajikan di Kota Bitung berasal dari daging ikan tuna yang disegarkan. Uniknya, sashimi khas Bitung disajikan bersamaan dengan bumbu kecap manis yang menghasilkan rasa lezat dan tidak kalah dengan sashimi di restoran-restoran Jepang. Sayangnya, sashimi tuna segar tersebut harus disajikan dengan keadaan tetap fresh agar penikmatnya juga merasakan lezatnya daging mentah. Sangat disarankan apabila wisatawan ingin membawa sashimi tuna segar khas Bitung ini, tetap dijaga dalam kondisi dingin, agar tuna mentah tetap terasa lezat dan mantap.

Kotamobagu

Related image
journal.momotrip.co.id

Kacang goyang adalah kacang atom yang berbalut terigu yang kemudian dilumuri gula di lapisan luarnya sehingga memiliki warna yang beragam. Nama kacang goyang sendiri diambil sesuai proses pembuatannya, karena pembuatan kacang ini harus digoyang-goyang. Ada satu daerah yang terkenal sebagai daerah pembuat kacang goyang di Kotamobagu. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kacang ini antara lain coklat van houten, gula putih, dan zat pewarna makanan yang sudah terdaftar aman.

Manado

Image result for klappertaart manado
okezone.com

Klappertaart adalah salah satu makanan khas Manado yang merupakan warisan bangsa Belanda yang masih ada sampai sekarang. Kue ini mengunakan kelapa muda sebagai bahan dasarnya. Klappertaart lebih nikmat dicicipi saat keadaan dingin.

Bukittinggi

Related image
raun2nomaden.wordpress.com

Gulai bukek sebenarnya sama dengan kuah sate Padang yang sering ditemukan di kaki lima atau rumah makan Padang. Bedanya dengan gulai sate Padang, gulai bukek biasanya memakai cubadak atau nangka muda dan daging kambing. Gulai Bukek berbahan dasar dari beras yang ditumbuk, diberi bumbu secukupnya, lalu dimasak seperti membuat gulai biasa. Gulai bukek tidak menggunakan santan, cukup dengan air saja. Supaya lebih kental kuahnya, biasa ditambahi lemak ke gulai. Pada jaman dahulu, di Bukittinggi, setiap ada perhelatan Baralek Gadang, ada istilah yang terkenal untuk gulai bukek: Potong Kambiang, Cubadak Makan.

Padang

Related image
tribunnews.com

Semua orang pasti tahu makanan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini sangat terkenal, bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia. Kamu tentu pernah mendengar bahwa rendang ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN. Dengan publikasi itu membuat rendang makin dikenal lagi secara internasional. Bahan dasar untuk membuat rendang adalah daging sapi dengan campuran banyak bumbu dan rempah. Daging sapi dimasak dalam kuah santan bersama bumbu sampai matang dan santan meresap. Rasanya? Jangan ditanya deh kalau soal rasa. Yang jelas, kalau bisa mendapatkan gelar makanan terlezat di dunia itu pasti benar-benar enak.

Padang Panjang

Related image
indonesia-recipe.com

Olahan jagung ini sangat khas di Padang panjang, pergedel yang dibungkus plastik kecil-kecil ini sudah sangat akrab bagi pelancong. Spot utama yang menjual pergedel jagung ini adalah di rest area sekitaran Lembah Anai. Perjalanan panjang dari padang atau pun menuju Padang biasanya menjadikan lembah anai sebagai tempat istirahat favorit, sambil melemaskan otot sambil makan cemilan pergedel jagung yang masih hangat. Bahkan kudapan ini terkenal karena memang selalu dijual dalam keadaan hangat. Bahkan ada pameo nya “cinto uda ka adiak saroman paragede padang panjang. Angek Taruih” (CInta ku ke kamu seperti pergedel ini. hangat terus)

Pariaman

Related image
merahputih.com

Makanan khas Padang Pariaman yang satu ini berbanding terbalik dengan gulai banak (merupakan sajian makanan berkuah santan pedas berisi otak sapi yang dipotong kecil-kecil. Gulai banak ini mengandung kolesterol tinggi layaknya sajian kuliner khas padang berbentuk gulai lainnya. Sehingga tidak disarankan bagi kamu yang kadar kolesterol dalam darahnya sudah tinggi). Berbahan dasar daun pakis, gulai paku yang dimasak dengan saus kelapa ditambah bumbu khusus ini cocok bagi kamu yang vegetarian. Rasanya unik namun tetap enak, khas Padang banget pokoknya.

Payakumbuh

Related image
tokopedia.com

Masakan Khas payakumbuh yang rasanya sangat istimewa, bagi mereka yang menyukai rendang tetapi tidak bisa mengkonsumsi daging, rendang telur adalah solusi yang pas. Rasa asli sumatra barat yang membuat lidah bergoyang dan menambah nafsu makan yang menyantapnya.

Sawahlunto

Image result for Dendeng Batokok sawahlunto
youtube.com

Dendeng Batokok, kuliner ini adalah ciri khas Kota Sawahlunto. Hampir di setiap rumah makan yang ada di Kota Arang ini menyajikan menu makanan yang memiliki aroma dan rasa yang special. Tak heran, kalau kuliner ini sudah identink dengan kuliner Sawahlunto yang kini sudah merambah disetiap rumah makan yang ada di Sumatera Barat. Kuliner ini mungkin terasa asing bagi sebagian orang, namun tidak untuk ‘Rang Minangkabau’. Dendeng batokok merupakan kuliner yang terbuat dari irisan daging sapi yang tipis dan lebar. Setelah daging diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut. Dan kemudian makanan ini diberi cabai hijau ataupun merah yang diiris kasar.

Solok

Image result for Kalio solok
liputan6.com

Merupakan makanan khas Solok, Padang, Sumatera Barat. Kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi yang masih berwarna kecoklatan dibandingkan dengan rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Kalio bertekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat. Kalio tidak sekering rendang yang lebih kering, bertekstur kasar, dan mengeluarkan aroma rempah yang tajam. Umumnya kalio dijual sebagai rendang di Rumah Makan Padang diluar Sumatera Barat karena durasi memasak lebih pendek sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan. Rasa yang dimiliki kalio tidak terlalu pedas dan daging yang dimasak juga tidak sekeras rendang.

Lubuklinggau

Image result for martabak khas lubuk linggau
dianhiber.blogspot.co.id

Jika anda berkeliling kota mana saja pasti akan bertemu dengan penjual martabak di pinggir jalan, tapi martabak di kota lubuk linggau ini menjadi makanan favorit para wisatawan yang berkunjung, karena beda. Kata mereka adalah martabak khas lubuk linggau ini paling enak jika dibandingkan yang lain.

Pagaralam

Image result for Nasi ibat
yandigsa.com

Nasi ibat itu nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Beda dengan timbel Sunda yang ada bumbu. Ketika akan memakannya semerbak wanginya pun terasa. Selain itu nasi ibat daun juga merupakan nasi yang sehabis nasi masak langsung dibungkus dengan daun pisang ini dan pindang Basemah.

Palembang

Related image
sisidunia.com

Jika sedang berbicara mengenai palembang, yang pertama kali terbayang adalah pempek sebagai makanan khas kota palembang. Pempek terbuat dari daging ikan dan sagu atau tepung kanji yang biasanya dimodifikasi dengan tambahan, misalnya tahu, telur, udang, dan kulit telur. Pempek biasa disajikan bersama dengan saus cuka atau cuko pempek yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawnag putih, udang ebi dan garam. Jenis pempek pun bermacam-macam, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek panggang, dan masih banyak lagi.

Prabumulih

Image result for dodol nanas
agrowindo.com

Penamaan dodol khas prabumulih dikarenakan bahan utama pembuatan dodol ini adalah buah nanas. Buah nanas merupakan ikon kota Prabumulih. Buah nanas merupakan salah satu product unggulan kota prabumulih, dengan dibuatnya dodol ini diharapkan icon prabumulih sebagai kota nanas, bukanlah hanya sebutan belaka, melainkan benar-benar sebagai sentra perkebunan nanas pembuatan dodol nanas ini dilakukan dengan cara pemilihan buah nanas dengan kualitas terbaik dimasak optimum) dalam proses pembuatannya dodol ini dibuat dengan campuran buah kelapa, agar-agar dan gula pasir secukupnya. Produk dodol ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Binjai

Related image
ordinary me

Di Binjai, Tepatnya di Jalan MT Haryono, Binjai Utara, ada sebuah restauran baru yang mengusung nama “Taman Selfie” yang menyediakan berbagai jenis makanan, dan salah satu menu andalannya adalah Roti Kreak. Roti Kreak merupakan roti isi sayuran dan di padu dengan daging seperti layaknya Burger, namun berbentuk panjang seperti Hot Dog. Dan yang membuat lebih menarik lagi, ukurannya yang jumbo, sehingga membuat satu porsi Roti Kreak ini dapat di nikmati oleh 5 sampai 8 orang orang perporsinya.

Medan

Related image
grid.id

Banyak orang mengira lho kalau bika ambon itu asalanya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika ambon ya? Balum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon. Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan kenikmatan bika ambon saat masih hangat. Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu, hehe. Tapi emang bener beda lho, ya walaupun makan bika ambon saat sudah dingin juga enak. Tapi, makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobain deh.

Padang Sidempuan

Image result for mie buffet padang sidempuan
winnymarlina.com

Tak ada yang dapat menyaingi mie buffet Yohana yang beralamat di Jl Merdeka Padangsidempuan. Karena rasa mienya lezat, sambelnya sangat disukai karena khas. Banyak yang mulai suka makan mie buffet Yohana, bahkan mengajak teman, saudara atau siapapun untuk makan mie Bufet Yohana. Harga satu porsi mie goreng Bufet Yohana pun murah meriah!

Pematangsiantar

Related image
grid.id

Mie Gomak sendiri bahan utamanya adalah spaghetti. Mie yang besar dan kaku seperti lidi. Dibilang mie gomak mungkin karena penyajiannya mie diambil pakai tangan si penjual langsung tanpa menggunakan sendok kepada si pembeli, karena gomak sendiri artinya dalam bahasa Batak dipegang atau diambil langsung pakai tangan.

Sibolga

Image result for Ikan bakar tepuk
beritagar.id

Ikan Panggang Pacak atau Ikan bakar tepuk adalah ikan yang di kasih bumbu di dibakar layaknya ikan bakar, tapi hal yang membedakannya dengan ikan bakar adalah ikannya di kasih bumbu yang telah diracik dan ditaburkan ke ikan saat di bakar dengan cara menepukkan bumbu ke ikan menggunakan batang serai. Aroma ikan panggang pacak ini saat di bakar sangat harum membuat hidung ingin mengikuti harumnya dan ingin mengetahui dari mana asal nya. Ikan panggang paccak ini salah satu makanan yang sangat populer di kalangan warga Sibolga dan Tapanuli tengah. Salah satu makanan khas sibolga dan Tapanuli tengah juga.

Tanjungbalai

Related image
republika.co.id

Makanan Khas Tanjungbalai Asahan, yakni Bubur Pedas (Bubur Podas). Konon makanan ini adalah makanan kesukaan para Sultan Asahan. Sayangnya, makanan khas Tanjungbalai ini jarang terdapat pada hari-hari biasanya kalau tidak di Bulan Puasa, atau sengaja dimasak untuk sajian tamu, sanak keluarga (yang telah lama pindah ke daerah/negara lain) dalam rangka pulang kampung.

Tebing Tinggi

Image result for Lemang
apasih.web.id

Makanan dari kota Tebing Tinggi adalah Lemang. Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras bercampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang di atas tungku panjang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat, dengan campuran selai bahkan durian.

Yogyakarta

Related image
indonesia-recipe.com

Selain Gudeg, sambal krecek juga merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang banyak disukai oleh semua orang. Sambal krecek biasanya disajikan dengan gudeg yang memiliki rasa yang manis sehingga dapat menambah selera makan dan pas jika dipadukan dengan sambal krecek. Sambal krecek sendiri memiliki rasa yang enak yaitu pedas dan gurih.

LEAVE A REPLY