Inilah Cara Bijak Dalam Menyikapi Kritik

0
236
gambar kritik orang lain
america.pink

Gulalives.com, DEPOK – “Orang yang rendah derajatnya merasa senang sekali bila dapat menemukan kesalahan dan ketololan orang besar.” -Schopenhauer-

gambar kritik
http://biznesinalogi.com/

Siapa sih orang di dunia ini yang suka di kritik? Tentu tidak, apalagi jika kritikan tersebut tidak membangun dan hanya akan memojokan diri kita.

Rata-rata orang besar dalam sejarah memiliki cara yang jitu untuk menyikapi kritik-kritik pedas yang di sampaikan oleh orang lain terhadap dirinya. Mereka seolah punya imunitas yang cukup tinggi ketika kerjanya, prestasinya, langkah-langkahnya, di kritik oleh orang lain.

gambar kritik orang lain
america.pink

Ada 4 sikap yang cukup efektif dalam menyikapi kritikan agar kritikan tersebut tidak memberi pengaruh negatif terhadap semangat kita dalam menggapai kesuksesan yang terdapat dalam buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa’i  Rif’an.

1. Emang Gue Pikirin

gambar tidak peduli
ronaldfernanda.files.wordpress.com

Inilah rumus yang bisa bikin pengkritik capek dengan kritikannya. Inilah rumus yang bisa bikin pencaci capek sendiri dengan caciannya. Jika tidak di sikapi dengan benar, kritikan bisa membahayakan pembentukan mental dan karakter seseorang.

Jack Canfield, pakar kepercayaan diri, melaporkan bahwa setiap anak rata-rata menerima 460 komentar negatif atau kritik, dan hanya 75 komentar positif atau yang bersifat mendukung. Umpan balik negatif yang kontinu ini sangat berbahaya.

Fakta ini membuat kita harus segera sadar bahwa komentar negatif dapat membuka citra diri negatif. Oleh karena itu, jika suatu saat kamu menerima kritik berupa komentar semacam itu, abaikanlah!

2. Tertawalah Saat di Kritik

tertawa
vemale.com

Kenapa harus tertawa saat di kritik? Itu karena biar bingung sendiri tuh yang mengkritik. Kalau boleh cerita, salah satu hal yang paling menjengkelkan saat sedang nonton sepak bola adalah saat mendengar para penonton berkomentar tentang jalannya pertandingan. Analoginya begini, para pemain yang bekerja habis-habisan di lapangan, eh penonton yang hanya duduk-duduk di tepi lapangan atau di depan layar televisi dengan gampangnya menikmati snack sambil mengolok dan mengejek beberapa pemain yang terdapat di lapangan.

Ternyata begitu jugalah dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita yang lelah-lelah bekerja untuk memperbaiki nasib, jungkir balik melakukan berbagai aktifitas positif dan produktif, ternyata banyak juga orang-orang di sekitar yang mendadak jadi penonton dan berkomentar sesukanya.

Mereka mengamati perjuangan kita yang sedang berusaha sekuat tenaga untuk menaiki satu demi satu anak tangga kesuksesan. Ketika salah sedikit, kita di kritik habis-habisan. Begitulah tabiat manusia selalu mencari-cari kesalahan orang lain.

Maka dari pada pusing, ketika menghadapi para kritikus, ketawa aja sambil kita intropeksi diri.

3. Lakukan Yang Terbaik

lakukan yang terbaik
http://i2.bstatic.de/

Buktikan kalo kritikan itu salah. Jadikan kritikan itu sebagai cambuk yang membuat kita bangkit dari zona nyaman. Jadikan kritikan itu sebagai salah satu momentum untuk menjemput prestasi terbesar kita di masa mendatang. Karena ini adalah hidup kita, kita yang menjalankan dan orang lain sebagai penonton setianya yang setiap langkah kita akan selalu di komentari oleh mereka.

4. Percayalah

percaya diri saat di kritik
welt.de

Kita tidak akan pernah bisa memuaskan semua manusia. Akan selalu ada yang memuji dan mencaci. Jadi, ambil sisi positif dari kritikan. Jangan sampai bikin kita tidak bersemangat dalam menggapai impian. Orang kerdil senang sekali jika bisa menemukan kesalahan orang besar.

Nah, itu dia 4 sikap yang cukup efektif dalam menyikapi kritikan. Tidak usah di pikirkan apabila kritikan itu hanya akan membuatmu terjatuh. Pilih lah kritikan yang dapat membangun diri mu menjadi orang yang lebih baik. Karena kritik bukanlah kritik , jika hanya berupa celaan tanpa bersifat membangun dan mencari solusi terbaik.

LEAVE A REPLY