Hal yang Penting untuk Dilakukan Bumil di Trimester Pertama

56
276 views

Gulalives.com, JAKARTA – Kehamilan seorang istri merupakan rezeki dan anugerah yang mesti di syukuri. Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan mempersiapkan kehamilan dan kelahiran dengan baik, termasuk didalamnya menjaga kesehatan kehamilan.

Untuk itu, diambil dari berbagai sumber, Gulalives memberikan kiat-kiat apa saja yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil (bumil) di awal –awal kehamilan atau pada trimester pertama.  Hal –hal yang perlu dan penting untuk dilakukan itu diantaranya mulai dari kebiasaan, aktivitas, pola makan, hingga asupan nutrisi untuk si buah hati agar tetap sehat, ibunya sehat dan menjadi bumil yang siap menjadi pelabuhan cinta bagi buah hati yang istimewa.

Yang pertama, mulailah dan segera membiasakan diri mengenakan baju-baju yang longgar, meskipun perut belum kelihatan membesar. Selain itu, perbanyaklah minum air putih atau jus buah di luar jam makan, karena pada trimester pertama, bumil sering mengalami mual dan muntah, yang salah satunya karena dehidrasi, minimal 12 gelas per hari.

Selain itu, untuk menghindarkan rasa mual dan pusing lainnya, usahakan secara perlahan-lahan ketikaibu hamilhendak bangun dari tidur atau berbaring, jangan dilakukan secara sekaligus dan spontan. Tip selanjutnya adalah biasakan menyikat gigi setelah ibu hamil makan atau setelah mengalami muntah.

Selain pembiasaan dan kebiasaan, penjagaan pola makan juga sangat penting diketahui oleh Bumil. Pola makan ibu hamil muda harus sangat diperhatikan demi kesehatan sang ibu dan tentunya untuk janin yang berada di dalam kandungan. Namun cukup disayangkan karena tidak semua wanita dan juga ibu hamil mengetahui informasi tentang jenis-jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama ini.

Makanan yang wajib menjadi menu bumil adalah sayuran. Kandungan zat besi yang terkandung dalam sayuran tersebut tidak hanya bisa menghilangkan rasa mual, tetapi juga akan membantu tubuh memproduksi hemogloin.  Jenis sayuran berdaun hijau ini ternyata juga mengandung eberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Makanan kedua yang harus dimakan adalah berbagai jenis buah-buahan ternyata juga sangat cocok menjadi makanan untuk ibu hamil satu bulan. Ada banyak jenis buah bernutrisi tinggi yang bisa Anda jadikan sebagai camilan sehat, seperti pisang, apel dan buah yang berserat.

Selanjutnya, adalah susu, karena ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Mengonsumsi berbagai jenis olahan susu adalah salah satu jalan terbaik utnuk mendapatkan asupan protein yang cukup. Protein sendiri sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sel bayi dalam kandungan. Selain itu produk-produk oalahan susu lainnya seperti keju pun dinilai akan membuat perkembangan tulang janin menjadi lebih baik.

Makanan selanjutnya adalah seafood yang bagus untuk menjadi alah satu jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama. Berbagai jenis makanan laut atau seafood ini ternyata cukup tinggi mengandung protein dan juga asam lemak omega, karena nutrisi yang terkandung pada makanan laut tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan otak janin di dalam kandungan terutama saat usia-usia hamil muda.

Makanan wajib bumil selanjutnya adalah sereal. Jenis makanan ini mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh sang ibu dan juga janinnya. Dalam sereal terdapat kandunga vitamin B, kalsium dan juga karbohidrat yang akan mendukung perkembangan janin dan juga kesehatan sang ibu. Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan, yakni kacang kedelai, kacang hijau ataupun kacang merah yang mengandung banyak asam folat dan juga vitamin B. (DP)

56 COMMENTS

    • Sy skrang lg hamil 2 bln tp knp kok muntah " trus , gk nafsu makan sama sekali sampai bdan saya lemas sekali … sampai gk bs kerja

      • Ak jg gtu sist wktu trimester prtama,makan dkit muntah. Smpe g bsa kerja d kntor. Klo ak sih sering mkn permen utk ngurangin mua.smoga udh ilang mual muntahnya kl msuk trimester kedua. Ak ini msuk bln ke empat,mual nya udh mulai hilang n makan jg udh mulai enak. Smoga slalu sehat ya utk km n debay nya

    • Intinya harus semangat…. Mual muntah smpe lemes frustasi nangis sendirian wajar….harus kuat bayangin aja nnti akan punya bayi yg lucu jadi ibu itu anugrah bayangin yang enak2 aja ….

    • Saran saya segerakan ke dokter.apalagi bila muntah berlebih hingga tidak bisa masuk makanan dan minuman karna bisa menyebabkan dehidrasi dan berbahaya bagi ibu dan janinnya

    • Klo bunda tdk suka susu sebaik ny sampaikan ke dokter kandungan ny bun.krn dokter akan memberikan tambahan vitamin pengganti susu.bunda jg bs mkn buah kiwi krn mengandung asam folat yg tinggi(spt yg terdapat di susu hamil)

  1. knp ya setelah minum susi prenagen emesis kok makin mual dan lbh sering muntah??dan tentang mknan seafood ktnya bisa bikin anak menjadi autis bahkan cacat

    • kalo pertama minum emang rasanya pengen muntah mulu enek rasanya tp setelah habis 3 dus yg coklat tu alhamdulillah jd trbiasa dan ga bnyak muntah lg…

    • Klo sy dl susu hamil ny prenagen coklat krn dr bbrp susu hamil yg sy coba,cm prenagen yg rasa coklat ny enak dan ga bikin eneg(bkn promosi yaaa)

  2. Saya pernah mengalami itu ….saya sdh melakukan semua yg di perintahkan di atas …..makan2 semua itu tp pada kenyataan ya sy keguguran …saat janin berusia genab 3 bulan …..penyebabnya apa ya tolong saran masukan ya ….dan janin sy tidak berkembang ….itu kenapa ya trimakasih

    • It bkn dr makanan,klo janin TDK berkembang krna kromosom/gen so janin kbtulan jelek..CBA apkh dkluarga ad yg punya riwayat(maaf) cacat,klo nggak AQ pernh ngalamin jg KT doktr sel telur yg dbuahin kwalitasnya kbtulan yg jelek a to sperma suami kualitasnya lg jelek..smoga mmbantu

  3. Saya sekarang hamil 8 minggu, masih kurang asupan gizi karna masih mual2, meskipun dipaksa tetap jg g bisa, bahkan muntah klw dipksakan, coba makan seafood kepala pusing, jadi bingung. Bisa minta saran g min.
    thnks

  4. mksh y infonya saya lg hamil udh 9 minggu karena anak pertama jd bth pengalaman,,,,,,,saran d atas itu sangat bermafaat bgt bgi saya

  5. Kalo mual trus tp gak muntah , dan gak doyan makan sama sekali apalagi nyemil itu jg gak sama skali asupan pnggantinya untk bumil apa min ? Mnta saran nya dong..

  6. trimakasih infonya, sangat bermanfaat skli bgi saya. tapi saya juga tidak suka susu. padahal usia kandungan saya baru mencapai 9 minggu. kalau sya ganti dengan mengkonsumsi pil asam folat (45mg) 2×1 slma kehamilan n tmbah dg fitmn lainnya spt vit C, B kompleks n sirup pnambh darah bahaya tidak? mslhnya saya juga kekurang darah. kata dokter fisik saya selalu lemah. mencapai tensi normal saja susah. tolong kasih saran mbak..

  7. Saya sedang hamil 5 bln dan ini anak ke 3.yg nama nya mual dan muntah itu uda biasa. Awal bulan emang gt. Makin lama juga hilang sendiri.

  8. sy mo tanya apakab hamil trimester pertama keluar darah disertai gumpalan bisa kegu2rn tp kok perut rsany ada yg bgerk mo konsul ke dokter tk ada biaya mohon jawabnny krn sy saat ini mengalami hal itu da hampr 1 bln sy kluar darah dn kmrn ada gumpln sebsar ibu jari tp kok ada rasa yg bergrk di perutq dan perut smkn hari tmbh saat ini klu dihitung usia kandungn sy 8w sebnrny sy mo konsul ke dokter tp tak ada biaya pa sy telh kegu2rn mohon jwbnny

  9. pingin penuhi itu smua,
    tp selera makan aja tdak ada,
    dngr nma2 mknana aja trasa lgsg mau mual,
    ada solusinya g' mbk?

  10. Aku jg lg hamil anak ke 2 usia kandungan br 8 minggu,kehamilan kali ini mual,muntah trus abis makan muntah berbeda dgn anak yg pertama muntahnya ga sesering skrg apa setiap kehamilan berbeda2???

  11. Wahh sangat brmanfaat sekali.Saat ini saya lg hamil 2 bln dan syukur tdk mual tp sekali mual lngsg muntah seluruh mknan yg ada d perut.Solusinya makan sedikit2 tp sering dan jg cemil buah…

  12. Akku hamil baru mau masuk 2bln ,, tp rasa nya koq sesek dada nya perut juga sakit bgd . kalo mual lemes mungkin udah umum yaa. .
    Kira" kenapa ya smpe bisa nyesek napas ny sama sakit perut nya .

  13. Alhmdulilh usia kndgn saya mngnjk 2 bln. Tdiny sy jg mntah2 trus… tp stlh doktr bilnghilngkn sugesti munth.y alhmdulilh mualny sdkit hilng… dn mkn sdikit sdkit jaa

  14. Usia kandungan saya sekarang sdh menginjak 5 bln, Pas usia 3 sampe 4 bln mual muntah terus sampe tensi sama berat badan turun.. tapi alhamdulillah sekarang sudah mulai berkurang mualnya dan udh mulai nafsu mkn… semoga anakku selalu sehat. Amiiiinnnn

  15. q hmil pertma…usiaku kehmlnku…bru 1 bln.
    alhamdulillah saya g mabok…ato mual .sya jg doyan mkan.tp saya g doyan susu hamil….gmn bun '' sis…kira2 ad pengganti susu g…

    • Sama bun… saya jg lg hamil pertama dan kandungan saya 6 minggu.. inshaAllah gak mual ato muntah dan doyan makan jg… tp sebenarnya saya gak suka susu tp krn demi sibuah hati apapun tetap saya minum klo itu baik utk perkembangannya…

  16. Alhamdulillah saya hamil jalan 2 bln.dan alhamdulillah tidak muntah hanya mual dan sering pusing.
    Makan y malah makin nambah.
    Tapi itu harus makanan yg pda waktu itu saya mau kl bukan sperti yg saya mau jadi gk mode makan…hehhehe…

  17. Saya juga lagi hamil 7 minggu jalan 8 minggu untuk anak pertama. Alhamdulillah muntah sudah jarang tapi hanya mual saja.. Makan sudah normal kembali.. Yang penting makan sayuran, buah2an, susu, dan camilan sehat.. Semoga debay dan ibu selalu sehat.. 🙂

  18. Aq hamil bru 2 minggu lebih, tp ko m nasi tuh g trlalu doyan, klo hbis mkan nasi mual, pngen nya mkan yg pedes2 n berkuah, gmna bund cara mnghilangkan rasa mual tu?? G enak bgt bdan lemes trs

  19. usia kandunganku baru 6 minggu…sering mual muntah…liat mkanan aja enek mau muntah…udah 2 hari diopname soalnya dehidrasi lemasss tp mualnya ttep gak ilang2…kira2 maboknya sampek brapa blan ya?brilah kekuatan dan kesehatan uyk janin hamba ya Allah…

  20. Q sekarang ud masuk 10 minggu, Alhamdulillah rsa mualny ud mulai berkurang, ud mau mkan.. Pi g mau mkan syur, d buah ny aja q lbihin.. Bunda bantu doa nya y smoga khamilan pertama ku g ada masalah.. Jujur bunda semua, q ud kngen mkan enk dan lhap kyak kakak q yg kehamilanny ud msuk 8 bulan

  21. aku hamil 12w..tp mual muntah masih ada kadang ada pusingnya..
    gmna yaa cara sugesti biar hilang rasa mualnya..

  22. Kadang merasa malas untuk saya minum vit dari dokter, susu serta makan.

    Usia kehamilan saya sudah tgl menunggu beberapa minggu lgi.

    Tpi sering x tdak nafsu

  23. ini hamil yg prtma saya, yg saya rasain itu pusing iya cuma nafsu mkn ku smkin brtmbah apakah itu prtnda sangat baik

LEAVE A REPLY