Zaskia Sungkar Bagikan Kisahnya Menjemput Hidayah

0
120 views
grid.id

Gulalives.co – Zaskia Sungkar mengungkapkan alasan dirinya memutuskan menutup aurat, hingga ayahnya pun sujud syukur ketika melihat dirinya memakai jilbab. Zaskia Sungkar juga ternyata pernah disuruh masuk pesantren dan dipaksa menggunakan jilbab. Namun, bagaimana sampai akhirnya ia bisa menjalani proses hijrah atas keinginannya sendiri? Berikut kisahnya:

Image result for zaskia sungkar
youtube.com

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, kalau mungkin pada tahu, aku akhirnya memutuskan menutup aurat itu tahun 2012, satu tahun setelah menikah,” ucap Zaskia Sungkar mengawali ceritanya.

“Tujuan aku yang pertama ketika aku menutup aurat adalah supaya aku terpisah dari pergaulan aku yang sebelumnya. Gimana caranya ada rem, untuk aku dan suamiku keluar dari pergaulan kita yang dulu.

Alhamdulillah berhasil, pelan-pelan menjauh, untuk sesaat ya, karena saya gak pernah mau bilang kalau teman-teman kita yang dulu yang mungkin bisa membawa kita kepada kebatilan pada akhirnya mereka adalah yang terburuk.

Baca Juga: 10 Rumah Tangga Selebriti yang Kerap Menginspirasi

Enggak, kita gak akan pernah tahu, jangan pernah nge-judge orang mereka yang terburuk, karena kita gak akan pernah tahu suatu saat mereka yang lebih baik daripada kita, karena yang penting adalah akhirnya kan. Proses hijrah manusia kita gak akan pernah ada yang tahu,” lanjut Zaskia Sungkar.

“Saat itu saya berjilbab alhamdulillah cuma sampai di situ saja. Menjalani kewajiban, tanpa memperdalam ilmu agama, hanya dari luarnya saja yang pernah saya tahu. Saya rasa suami saya juga seperti itu, kita punya tujuan yang sama, supaya pernikahan kita lebih baik,” ujar Zaskia.

“Akhirnya sudah deh pakai hijab, mudah-mudahan ini jalan pertama, dan ini juga keinginan kedua orangtuaku, terutama papaku, dari mulai maksa, sampai akhirnya aku pakai jilbab.

Baca Juga: Adam, Anak Shireen dan Wisnu, Asik Belajar Tentang Sahabat Nabi

Aku dipaksa masuk pesantren, dipaksa pakai jilbab tapi akhirnya aku copot sendiri, jadi waktu aku pakai jilbab papaku langsung sujud syukur. Beliau yang selama ini mendoakan, dan alhamdulillah akhirnya terjawab doanya,” kenang Zaskia Sungkar penuh haru.

“Setelah pakai hijab pun prosesnya lama, gak cepat, aku gak langsung ada panggilan dalam hati pengin mendalami ilmu agama, pengin tahu Islam itu seperti apa. Sampai akhirnya beberapa tahun yang lalu, mungkin teman-teman pada saat umrah kita sama-sama berdoa ya sama Allah?

Kalau teman-teman mungkin mintanya balance, dunia dan akhirat. Tapi kalau aku enggak, mintanya dunia terus, ya Allah pengin punya anak, ya Allah pengin rezeki lancar, ini itu pokoknya dunia saja,” ungkapnya.

Baca Juga: Hijab Squad, Kumpulan Artis Muslimah yang Terus Menginspirasi, Gabung Yuk?

“Sampai akhirnya di satu titik, suamiku dulu yang mulai datang kekajian, shalat di masjid. Mohon maaf, dulu aku tuh menganggap gak mau ah ikut kajian, melihat Wisnu gitu, takut jadi lebay. Aku sempat kayak gitu, astaghfirullah.

Sempat melihat kajian tuh bisa bikin aku hidupnya gak nyantai. Aku penginnya biasa-biasa saja. Sampai akhirnya aku ngerasa setelah semua pencapaian dalam hidup aku, aku justru merasa ada yang hilang dan kosong. Kenapa hidup gak tenang ya?” pikir Zaskia Sungkar saat itu.

“Suamiku juga ngasih tau aku, akunya juga bebel gitu, gak mau diajak ke kajian, gak mau nonton video (tentang ilmu agama) di YouTube, aku maunya biasa-biasa saja. Sampai akhirnya di satu titik terendah dalam hidup aku, aku ngerasa kosong dan gak tau hidup untuk apa.

Baca Juga: Intip 13 Inspirasi Hijab Syar’i dari Para Selebriti

Akhirnya aku umrah dulu waktu itu, alhamdulillah dapat rezeki pergi umrah. Terus, entah kenapa doa aku fokus cuma satu, aku minta “ya Allah tolong lembutkan hati hamba, ya Allah tolong buka hati aku,” aku minta di situ supaya Allah sentuh hati aku, sudah, itu saja,” wajah Zaskia semakin nampak haru saat menceritakan bagian kehidupannya ini.

“Masya Allah, malamnya aku gak tenang, sampai aku tidur aku ketakutan mati. Sampai aku ngomong sama suami aku, ‘Yang, aku kenapa ya, aku takut, takut mati, nanti gimana kalau aku mati aku belum punya apa-apa, aku gak bawa apa-apa, aku saja gak tahu aku shalat untuk apa,’ sampai segitunya gak mengenal Allah. Sampai akhirnya suami aku juga nangis dan bilang, ‘Yang itu jawaban dari doa kamu, itu hidayah yang Allah kasih, cepat ambil,'” cerita Zaskia menirukan ucapan Irwansyah malam itu sembari mulai berair mata.

“Sebelum pulang aku shalat taubat, terus pas sampai sini aku beranikah diri untuk mulai nonton video di YouTube, dan ngerasa ke mana saja aku selama ini. Karena ternyata se-indah itu Islam, se-indah ini ajaran-ajaran yang Allah kasih, se-indah ini Alquran, se-indah ini cinta Rasulullah sama kita, aku ke mana saja selama ini?” ujarnya menangis.

Baca Juga: Masya Allah, ini 8 Pasangan Selebriti yang Hijrah Bersama

“Sampai akhirnya aku memberanikan diri, aku datang ke kajian pertama, itu ke kajiannya Ustaz Fatih, dan di situ kajiannya, temanya, tentang kematian,” kenangnya tersenyum, karena merasa itu adalah jalan Allah yang Maha Baik.

“Aku pulang, dan sejak itu aku ngerasa kajian menjadi suatu kebutuhan, kalau gak kajian tuh rasanya kesal gitu, dari yang tadinya ngerasa kajian itu gak perlu. Masya Allah, Allah Maha pembolak-balik hati manusia.

Dan alhamdulillah sekarang lagi di titik di mana saat datang ujian aku langsung alhamdulillah, Allah masih sayang, alhamdulillah Allah lagi pengin kita makin dekat. Dan satu yang aku dapat dari proses hijrah yang gak pernah bisa dibayar dengan apa pun, ketenangan.

Baca Juga: 12 Sifat Istri yang Disukai Suami

Ketenangan yang selama ini aku cari yang gak pernah aku dapat, mau aku ngomong sama psikiater, aku ngomong sama siapapun, itu gak pernah aku dapat. Dan baru sekarang aku mendapatkan ketenangan, gimana rasa ikhlas itu datang dengan sendirinya,” jelas Zaskia.

“Setiap dikasih ujian, Allah cepat banget ngasih jalan keluarnya. Sampai aku ngerasa kesal, aku nangis, ke mana saja aku selama ini, padahal Allah sesayang ini sama aku. Dulu kalau ada yang bully (kenapa belum punya anak) walaupun cuek, tetap saja kesal.

Tapi sekarang gak tau ya, kayaknya tenang gitu. Berysyukur saja masih dikasih umur, dikasih kesempatan untuk terus taubat dan terus mendekat sama Allah, dan insya Allah doain aku sama suami aku bisa terus berpegangan tangan sampai ke jannah nanti, insya Allah, aamiin,” tutup Zaskia dengan wajah yang masih terharu atas kisah yang ia bagikan.

Berikut video lengkapnya:

Masya Allah, kita bisa belajar dari banyak hal untuk terus memperbaiki diri dan mendekatkan diri pada Allah. Membaca dan mendalami Alquran pasti, datang ke kajian pun perlu, belajar dari ulama, nonton vide di YouTube juga bisa. Atau belajar dari kisah yang dibagikan orang lain seperti ini.

Mudah, sebenarnya mudah untuk memulai jalan hijrah, tapi kuncinya hanya satu. Niat dari dalam diri kita sendiri. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Esok, lusa, atau kapan? Yakin taubat datang lebih dulu daripada kematian kalau tidak kita segerakan? Renungkan bersama ya teman. Renungkan. Kamu, saya, kita semua.

LEAVE A REPLY