Gulalives.co – Kamu merasa ingin mulai buka usaha, tapi gak semangat karena cuma punya sedikit modal? Jangan nyerah, karena peluang bisnis usaha sendiri dengan modal kecil sangat mungkin dijalani kok, bahkan nantinya bukan gak mungkin usaha kamu bisa sangat menguntungkan dan menjanjikan penghasilan yang besar.

Related image
trucknews.com

Tapi sebelumnya kamu juga harus tahu kalau modal kecil ini justru sangat cocok untuk pemula yang ingin sukses merintis usahanya, ya walaupun gak terlepas dari cara atau strategi yang kamu terapkan dalam menentukan target konsumen juga nantinya, ya. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih target dan pasar yang tepat.

Memulai bidang usaha dalam lingkup yang kecil, akan lebih baik jika kamu sudah memiliki market yang tepat, jadi bisnis kamu yang baru dirintis dapat lebih cepat untuk mencapai sasarannya. Dan, berikut ini adalah 8 contoh bisnis atau usaha kecil-kecilan yang bisa dijadikan sebagai acuan atau inspirasi bisnis yang barangkali cocok untuk kamu.

Warung Mie Pangsit

Image result for mie pangsit
warungikancakyu.com

Wah, kamu gak boleh nih anggap remeh jenis usaha makanan yang satu ini. Karena dengan berjualan mie pangsit saja, sebenarnya kamu bisa mendapatkan untung yang lumayan, modal untuk operasional setiap harinya terbilang sangat kecil.

Ya, walaupun awalnya kamu harus melengkapi dulu semua peralatan memasak yang dibutuhkan, ya. Dan, kamu juga perlu menyewa lokasi, kalau kamu mau membuka warung secara tetap, tapi kamu juga bisa gunakan gerobak sebagai sarana berjualan keliling kok. Olahraga yang menghasilkan rupiah. Hehehe.

Warung Kopi Sederhana

Related image
majalah.ottencoffee.co.id

Kamu mau mulai untuk membuka warung kopi sederhana? Kalau kamu sudah memiliki target lokasi yang sangat ideal dan cocok dengan jenis usaha ini, maka kamu bisa memulai bisnis ini, lokasi yang cocok biasanya adalah tempat yang dekat dengan keramaian seperti pasar, terminal, atau sekitar pangkalan ojek dan lain sebagainya.

Dan, biasanya usaha warung kopi ini juga dilengkapi dengan menu jajanan atau makanan ringan seperti kue, gorengan atau bahkan berjualan nasi dengan menu yang relatif sederhana untuk menambah pundi pundi penghasilan kamu.

Jualan Mainan Anak-anak di Sekolah

Image result for jualan mainan di depan sekolah
oedjiatitan.blogspot.co.id

Kalau kamu bisa dapat lokasi yang strategis di taman kanak kanak ataupun sekolah dasar, berjualan mainan anak merupakan target yang paling tepat dan sangat berpeluang untuk bisa mendapatkan penghasilan harian.

Modal untuk usaha ini juga tergolong kecil, lho. Jadi sangat mungkin untuk kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat, dengan belanja mainan anak-anak ini langsung dari grosirnya, pastin kamu juga bisa mendapatkan harga awal yang minim, otomatis keuntungan untuk kamu juga maksimal.

Dan, nantinya bisa kamu jual kembali dengan harga eceran. Tapi, ingat ya, sebisa mungkin kamu juga harus memilih mainan yang bermanfaat untuk anak-anak, bahkan lebih baik lagi kalau apa yang kamu jual adalah mainan yang punya nilai edukasi untuk mereka. Jadi, usaha kamu juga bisa berjalan lancar dengan bonus pahala karena membuat anak orang bertambah pengetahuannya.

Jasa Potong Rambut pria

Related image
groupon.com

Kamu gak perlu buka salon yang mewah dan lengkap dengan peralatan modern jika ingin membuka usaha jasa potong rambut yang satu ini. Karena jasa potong rambut pria ini membutuhkan alat yang gak terlalu rumit, beda halnya dengan salon kecantikan wanita, jadi yang paling penting adalah gimana caranya kamu memilih atau menentukan tempat usaha yang strategis.

Yang gak kalah penting adalah kualitas dan kepuasan pelanggan, kamu harus utamakan, ya. Karena kita sama-sama tahu kalau dengan cara inilah kamu bisa sekalian promosi lewat pelanggan itu sendiri, kalau mereka puas dengan pelayanan kamu, maka sangat mungkin rasanya untuk mereka rekomendasikan jasa kamu ke teman, kerabat, saudara, dan orang lainnya. Jangan kaget kalau nantinya kamu kedatangan mereka yang asalnya dari luar daerah kamu, karena mereka dapat rekomendasi dari pelanggan tetap yang puas dengan kemampuan kamu!

Bisnis Musiman

Related image
tempo.co

Meski jenis usaha musiman ini biasanya memiliki sifat yang sementara, tapi akan berlangsung terus menerus kok. Ya, walaupun gak bisa untuk dijadikan pekerjaan utama, ya. Tapi, model usaha kecil seperti ini juga bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan banget, apalagi kalau sudah memasuki puncak musimnya.

Apa saja sih usaha atau bisnis musiman yang dimaksud? Berikut ini adalah 4 contoh jenis bisnis musiman yang telah membudaya di masyarakat kita, bahkan sudah dijadikan peluang usaha tahunan. Bisa kamu coba, lho!

  • Berjualan terompet saat mendekati perayaan tahun baru.
  • Jualan takjil di bulan ramadhan.
  • Berjualan sourvenir, kado dan bingkisan di area kampus saat wisuda.
  • Sampai menyediakan orang yang bisa dijadikan asisten rumah tangga saat customer ditinggal mudik ART-nya.

Menjual Sayur Keliling

Related image
maxmanroe.com

Kalau kamu mau coba usaha yang kamu jalani sendiri, jual sayur keliling ini bisa masuk ke dalam daftar yang bisa mulai kamu coba, dengan modal kecil, jualan sayur keliling ini sangat mungkin dijalani. Menjajakan kebutuhan pokok ini langsung dari rumah ke rumah, maka konsumen kamu pun akan merasa sangat dimudahkan, karena mereka gak perlu repot lagi untuk pergi ke pasar.

Bukan gak mungkin ke depannya mereka akan senantiasa setia menunggu setiap pagi untuk belanja sayur di kamu, walaupun ada penjual lainnya, tapi kalau kamu bisa lebih memuaskan mereka dalam segi kualitas dan harga yang bersahabat, maka mereka pun akan tetap fokus belanja sama kamu.

Jus Buah dan Minuman Coklat

Image result for minuman coklat
resep82.blogspot.com

Kita sama-sama tahu kalau sekarang ini sudah banyak gerai kecil yang menyediakan berbagai minuman jus buah dengan harga yang sangat terjangkau di kantong anak anak sekolah. Dan juga gerai minuman yang menjajakan berbagai jenis minuman dingin atau hangat dengan sensasi rasa coklat yang ditambahkan keju, selai, atau beragam topping lainnya. Rasanya? Gak perlu diragukan lagi, karena banyak yang ketagihan!

Dan, gak sedikit lho mereka yang sudah suskses menjalankan usaha ini, biasanya mereka menyewa tempat di depan supermarket, minimarket, atau di sekitar area perbelanjaan lainnya. Karena kan tempat-tempat itu memang banyak ditemukan orang yang haus karena kelelahan, dan butuh asupan yang segar.

Jualan di Rumah

Related image
wokeeh.com

Dan, punya modal yang sangat minim gak boleh bikin kamu patah semangat, kamu bisa mulai untuk usaha jual kue yang merupakan salah satu peluang usaha rumahan, jadi kamu gak perlu ke mana-mana, diam saja di rumah, buat kue tradisional atau modern di rumah, cukup! Potensi usaha ini juga sangat menjanjikan, mengingat makanan ini juga banyak banget yang suka, kan? Jadi, selamat mencoba dan jangan takut gagal, ya!

Gimana? Setelah membaca artikel ini, sudah tahu ingin memilih bisnis yang mana untuk kamu mulai? Atau mungkin kamu punya pilihan lain? Pengalaman tentang bisnis dengan modal kecil? Yuk, share sama kita di kolom komentar!

LEAVE A REPLY