indoindians.com

Gulalives.co – Sate adalah makanan yang terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ikan, jamur, bahkan tempe. Biasanya sate disajikan dengan saus kacang manis atau sambal kecap. Sate bisa langsung dibakar menggunakan pemanggang di atas kompor atau di atas bara arang. Namun sate yang dibakar di atas bara arang akan jauh lebih enak dan ngangenin.

Related image
tripadvisor.com

Menyenangkannya lagi, hampir tiap daerah di Indonesia memiliki sate khasnya masing-masing, misalnya sate Madura dengan saus kacangnya dan sate Padang dengan saus kental kuning atau orange-nya. Kalau kamu suka traveling, kamu bisa menemukan sate yang berbeda-beda dari setiap daerah.

Biasanya sate disusun dari daging yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditusukan pada kayu pun bambu. Namun ada juga yang berbeda, yakni sate lilit yang bentuknya seperti gumpalan membalut tusukan batang serai. Rasanya? Khas banget karena ditambah aroma dari batang serai tadi. Kamu penasaran dengan serba serbi sate di Indonesia? Kita mulai jalan-jalannya untuk mencari sate, yuk!

1. Madura

Related image
resephariini.com

Berasal dari Madura, Jawa Timur, sate yang satu ini merupakan sate yang paling populer di Indonesia. Sate Madura terbuat dari daging ayam atau kambing, biasanya sate ayam dihidangkan dengan bumbu kacang, sementara sate kambing dihidangkan dengan sambal kecap.

Sate Madura enak banget dimakan dengan nasi putih, lontong, atau ketupat. Biasanya juga ditambahkan dengan acar. Sate ini mudah ditemukan, banyak juga yang menjualnya di warung pinggir jalan.

2. Padang

Image result for sate padang keripik
mulpix.com

Hidangan asli dari Padang dan daerah sekitar Sumatera Barat ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu, kemudian dipanggang. Ciri utama dari sate padang adalah sausnya yang kuning/oranye kental, terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari, dan garam.

Sate ini biasa dimakan dengan ketupat dan keripik singkong balado pedas. Ada dua jenis sate Padang, yakni Pariaman dan Padang Panjang, perbedaannya ada pada rasa sausnya. Untuk kamu yang suka pedas, pasti suka banget deh menyantap sate yang satu ini.

3. Ponorogo

Image result for sate ponorogo
hobymakanenak.blogspot.co.id

Selanjutnya yakni sate yang berasal dari Kota Ponorogo, Jawa Timur. Sate ini terbuat dari potongan daging ayam yang sebelumnya sudah direndam dalam bumbu kecap, kemudian disajikan dengan bumbu kacang dan sambal dengan irisan bawang merah dan cabai rawit serta jeruk nipis.

Uniknya, berbeda dengan sate biasanya yang terdiri atas 4-5 potong daging, dalam setiap tusuk sate Ponorogo hanya terdapat satu potong daging ayam yang diiris memanjang. Selain direndam, sebelum dipanggang sate ini juga di “bacem” agar bumbunya lebih meresap. Kemudian dihidangkan dengan lontong.

4. Tegal

Image result for sate tegal
selerasa.com

Berasal dari daerah Tegal, sate ini terkenal dengan kambing mudanya yang baru berumur di bawah lima bulan. Sate ini dijuluki dengan nama sate “balibul” (baru lima bulan). Sekali membuat, sate ini dipanggang dalam satuan kodi, isinya dua puluh tusuk, dan di setiap tusuknya terdapat dua potong daging, satu potong lemak dan satu lagi potongan daging.

Kamu bisa lho minta satenya dipanggang tidak terlalu matang. Kalau kamu gak suka lemak, potongan lemak juga bisa diganti dengan hati, jantung, atau ginjal kambing. Biasanya bagian ini tidak dibumbui sebelum dipanggang, tapi tetap gurih kok. Rasa manis dari daging muda akan menciptakan rasa yang berbeda di lidah, bikin kamu ketagihan.

5. Ambal

Image result for sate ambal
panduanmemasak.com

Berasal dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari daging ayam kampung. Daging ayam yang dipotong kemudian direndam ke dalam bumbu selama dua jam agar meresap. Uniknya, bumbu sate ini terbuat dari tempe tumbuk yang dicampur cabe dan aneka bumbu lainnya. Sate ini biasanya dimakan dengan ketupat. Cobain, yuk?

6. Blora

Related image
foody.id

Berasal dari daerah Blora, sate ini terbuat dari daging dan kulit ayam yang potongannya lebih kecil dari sate lainnya. Sate blora dimakan dengan bumbu kacang, nasi, dan sup dari santan. Kebayang gak enaknya kayak gimana?

7. Banjar

Image result for sate banjar
id.foursquare.com

Sate ini populer di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Terbuat dari fillet ayam bagian paha. Fillet ayam sebelumnya dilumuri dengan bumbu kemudian dipanggang dan disajikan dengan bumbu pecel, lengkap dengan ketupat. Kamu sudah pernah coba?

8. Makassar

Image result for sate makassar
lifestyle.okezone.com

Berasal dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sate ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang dibumbui dengan saus yang terbuat dari belimbing wuluh. Jadi rasanya asam dan pedas menggoda gitu. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate Makassar dihidangkan tanpa bumbu. Karena setelah dibumbui dan dibakar, sate langsung bisa disantap. Yummy!

9. Buntel

Related image
bonvoyagejogja.com

Berasal dari Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari cincangan daging sapi atau kambing (terutama bagian perut atau iga), yang kemudian dibungkus selaput membran daging (lemak) dan dililitkan pada tusukan bambu. Ukuran sate ini cukup besar, hampir sama dengan kebab Timur Tengah. Setelah dipanggang di atas bara arang, sate ini kemudian dipisahkan dari tusuknya, diiris-iris, baru siap disajikan dengan kecap manis dan merica. Asli enak!

10. Lilit

Related image
resephariini.com

Berasal dari Bali. Sate ini terbuat dari daging cincang, bisa daging sapi, ayam, ikan, dan daging lainnya. Beda dengan sate pada umumnya yang terdiri dari potongan daging kecil, sate lilit berasal dari daging cincang yang dicampur dengan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Kemudian dibungkus melilit dengan tusukan bambu pipih, batang tebu, atau batang serai. Sate dipanggang di atas bara arang. Rasanya ciamik banget!

11. Pusut

Related image
ceritareena.blogspot.co.id

Berasal dari Pulau Lombok. Sate yang satu ini terbuat dari campuran daging cincang (sapi, ayam, atau ikan), kelapa parut, dan bumbu. Campuran ini kemudian dililitkan membungkus tusukan dan dipanggang dengan bara arang. Mirip dengan sate lilit Bali namun tidak ditambah santan di dalamnya. Beda tipis, tapi tetap punya khasnya masing-masing

12. Ampet

Related image
sajiansedap.grid.id

Sate ini juga hidangan yang berasal dari Pulau Lombok. Bedanya sate ampet terbuat dari jeroan sapi dan daging sapi yang mempunyai cita rasa bumbu yang sangat pedas. Terbuat dari campuran santan dan bumbu.

13. Maranggi

Related image
edupost.id

Berasal dari daerah Sunda, tepatnya ditemukan di Purwakarta, Cianjur, dan Bandung, Jawa Barat. Sate ini terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing. Bumbu sate ini dibuat dari bumbu khusus, yaitu pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Kecombrang sendiri memberikan aroma dan rasa yang mirip dengan mentol. Sate ini dihidangkan dengan ketan (jadah) atau nasi putih. Banyak yang jual sate ini, tapi agak sulit menemukan penjual yang menyajikan dengan rasa yang lezat.

Ini baru sebagian, lho. Masih banyak lagi sate yang ada di Indonesia. Tapi, dari 13 jenis sate di atas, favorite kamu yang mana? Buruan cobain yang belum pernah kamu kunyah, ya!

LEAVE A REPLY