Gulalives.com, JAKARTA – Boleh jadi buah pisang adalah menu pencuci mulut yang populer di Indonesia. Selain memiliki ragam kandungan kalium, vitamin, dan mineral, buah ini sumber makanan serat yang baik. Menurut laporan yang dipublikasikan oleh British Medical Journal, konsumsi makanan berserat 10 gram per hari bisa memperbaiki tekanan darah dan kolesterol. Pisang juga aman dikonsumsi oleh balita maupun ibu hamil. Bagaimana dengan jantung pisang?

Ini Khasiat Jantung Pisang yang Bikin Hidup Lebih Sehat 1

Iya sih, jantung pisang memang bukan bahan makanan yang beken di masyarakat. Mirisnya, jantung pisang lebih banyak dimanfaatkan menjadi pakan ternak. Padahal nih, jantung pisang memiliki kandungan gizi yang tinggi lho. Bahkan, jantung pisang bisa menjadi obat luar biasa untuk menangkal anemia bagi ibu hamil dan dapat melancarkan keluarnya ASI.

Kandungan magnesium pada jantung pisang nggak hanya membantu memperkecil risiko pendarahan, tetapi juga bisa mengurangi gangguan morning sickness yang kerap terjadi pada ibu hamil. Salah satu senyawa dalam jantung pisang mampu membantu menurunkan kadar hormon progesteron yang memicu keguguran atau kram perut. Kandungan magnesium yang tinggi pada bahan makanan ini juga akan membantu mengatasi gangguan kesehatan ringan para ibu hamil. Setelah melahirkan pun konsumsi jantung pisang sangat dianjurkan karena kandungan etanolnya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka akibat persalinan.

Mungkin anda sering bertanya-tanya, kenapa sih orang-orang yang tinggal di kota besar sering banget sakit. Dikit-dikit berobat ke dokter, biayanya mahal pula. Masyarakat perkotaan seringg terjebak oleh kenikmatan semu yang ditawarkan makanan serba instan. Sementara orang-orang desa, lebih jarang terserang penyakit. Jawabannya, mereka sadar dengan khasiat dari jantung pisang. Jantung pisang itu bisa dikonsumsi secara mentah, direbus, ditumis, atau dibuat olahan masakan lainnya. Ini boleh dicatat. Nggak semua jantung pisang bisa dikonsumsi. Beberapa yang dianjurkan seperti jenis pisang klutuk, pisang kepok, pisang raja bulu, dan pisang raja siam.

Ini Khasiat Jantung Pisang yang Bikin Hidup Lebih Sehat 2

Indah deh rasanya, kalau pembaca setia Gulalives selalu berada dalam kondisi sehat. Nah kita kulik lebih jauh yuk manfaat dan khasiat jantung pisang.

Mencegah stroke dan diabetes

Ngeri deh setelah mengetahui bahwa 2 penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah stroke dan diabetes. Jantung pisang bagus nih untuk mencegah kehadiran penyakit-penyakit tersebut karena jantung pisang nggak mengandung kolesterol jahat.

Penderita diabetes memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga butuh insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus sangat efektif untuk menurunkan kandungan gula darah. Caranya peras jantung pisang tersebut, ambil sarinya, lalu minum sebanyak 2 kali sehari. Ini juga umum dilakukan untuk kesembuhan pasein yang menderita penyakit stroke.

Kaya serat dan menyehatkan pencernaan

Jantung pisang mengandung fiber yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan agar bekerja secara maksimal. Banyaknya kandungan fiber atau serat di dalamnya membuat kerja usus lebih ringan. Otomatis proses pencernaan berjalan dengan cepat dan normal.

Jantung pisang juga mengandung serat pangan yang tinggi karena memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin dan vitamin B1.

Pas nih buat pelaku program diet

Tahu nggak sih, ternyata jantung pisang bisa memberikan efek kenyang lebih lama lho. Buat anda yang mengidam-idamkan punya berat badan ideal, mengonsumsi jantung pisang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan jantung pisang punya kandungan serat yang tinggi dan kandungan lemak yang sedikit yaitu sekitar 0,3 gram/25 gram.

Ini Khasiat Jantung Pisang yang Bikin Hidup Lebih Sehat 3

Mencegah kanker

Jantung pisang mampu mengurangi efek radikal bebas. Ekstrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan. Nah.. di dalam tubuh manusia terdapat sel-sel kanker yang belum aktif dan kapan aja bisa berkembang. Tentu saja aktifnya sel kanker sangat berbahaya, apalagi jika sudah menyebar ke seluruh tubuh. Rajin-rajin deh konsumsi jantung pisang.

Memperbaiki mood

Buat anda yang gampang baper, jantung pisang bagus nih untuk mengusir perasaan galau. Jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati. Tekanan mental yang anda alami baik itu di kantor atau di rumah, dapat berpengaruh pada mood. Selain melakukan olahraga teratur, mood juga bisa dibenahi dengan mengonsumsi jantung pisang. Hal ini disebabkan karena adanya saraf ke-10 dengan fungsinya sebagai penghantar informasi yang menghubungkan area perut dengan otak seseorang. Vitamin B6 yang terkandung didalamnya, akan membuat perasaan anda nggak galau-galauan lagi.

Memperbaiki produktivitas ASI

Benar, jantung pisang pun mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu. Jantung pisang dapat membantu mengaktifkan sel-sel yang bertugas untuk menghasilkan ASI. Begitu pula buat bunda yang tengah hamil, jantung pisang bagus banget untuk dikonsumsi.

Mengobati malaria

Satu lagi penyakit berbahaya yang rentan mengakibatkan kematian. Ya, malaria. Jantung pisang dapat dijadikan obat untuk mengatasinya. Caranya dengan mengupas bagian luar jantung pisang lalu timbun dalam bara api kurang lebih 30 menit. Kemudian haluskan dan peras. Jangan lupa beri sedikit asam pada air perasan tersebut. Minum lah di pagi hari atau sebelum sarapan. Apa dasarnya?

Kandungan gizi yang terdapat di dalam jantung pisang sebanyak 25 gram adalah 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak, dan 7,1 gram zat karbohidrat. Nggak itu aja, jantung pisang juga kaya serat yang baik untuk pencernaan, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Lumayan dahsyat kan kandungan yang terdapat di dalam jantung pisang? Sebenarnya, masih banyak manfaat lain yang nggak kalah hebat. Jantung pisang mampu melancarkan siklus darah, mencegah gondok, meningkatkan produksi sel darah merah, dan mengontrol darah saat menstruasi. (VD)

 

LEAVE A REPLY