Ilustrasi perempuan marah. (Foto: IST)

Gulalives.co, DEPOK – Masa Orientasi sekolah atau yang biasa kita sebut MOS, identik dengan kakak-kakak kelasnya yang suka ngeselin sewaktu diadakannya MOS tersebut. Yang bisa menjadi kakak-kakak kelas pada saat masa orientasi sekolah ini adalah para siswa-siswi yang sebelumnya sudah tergabung dalam organisasi sekolah, atau orang biasanya menyebutnya dengan sebutan OSIS.

Ada beragam tipe yang pasti kita temu pada saat diadakannya MOS ini. Tipe-tipe ini lah yang membuat perasaan kita campur aduk sewaktu di MOS. Tidak semua kakak kelas di MOS memiliki tipe-tipe yang sama loh, ya. Mereka memiiki perannya masing-masing sebagai yang pembuat acara tersebut.

Mau tau apa saja tipe-tipe kakak kelas tersebut? Berikut Gulalives akan mengulasnya.

1. Kakak Kelas Galak

Ilustrasi perempuan marah. (Foto: IST)
Ilustrasi perempuan marah. (Foto: IST)

Dimulai dari tipe kakak kelas yang galak. Tipe yang satu ini memang paling ditakuti diantara kakak-kakak kelas yang lainnya. Biasanya dia sering memarahi dan ngebentak kamu apabila kamu ada yang salah dalam berpenampilan. Kakak kelas yang galak ini biasanya sibuk jalan-jalan mencari-cari kesalahan kita. Kalau ada yang salah sedikit mereka langsung teriak-teriak, marah-marah ga jelas dan memberi hukuman yang berat kepada kita. Apalagi kalau kamu tidak membawa atribut MOS, bisa jadi bulan-bulanan kamu oleh kakak kelas yang satu ini dan dikerjai habis-habisan setelah itu.

Tapi biasanya setelah akhir MOS kakak yang paling galak ini, yang paling banyak minta maaf nya ke murid-murid baru. Karena mungkin ia merasa bersalah atas perlakuannya selama MOS terhadap adik kelasnya, sehingga mungkin ada yang tidak terima atau benci dengannya.

2. Kakak Kelas Sok Galak

kurang piknik
via www.isigood.com

Tipe yang satu ini berbeda dengan tipe yang pertama. Kalau yang pertama sukses menjalankan perannya galaknya dengan baik. Lain halnya dengan tipe kakak kelas yang sok galak. Mereka tidak bisa memainkan peran sebagai kakak kelas yang galak , sehingga malah kelihatan konyol pada saat MOS.

Tipe ini biasanya yang tidak biasa marah, tapi disuruh menjadi galak sewaktu menjadi kakak kelas MOS. Ini terlihat dari caranya memarahi adik-adik kelas. Kemudian, dikarenakan tidak terbiasa untuk marah, dia malah tertawa. Tentunya saja ini malah terlihat konyol dan lucu di depan siswa baru. Dan akting pura-pura galaknya pun tidak berhasil membuat adik-adik kelas ketakutan.

3. Kakak Kelas Super Baik

Menurut psikolog, senyum seseorang menentukan persepsi individu. Foto: Viva
Foto: Viva

Inilah tipe kakak kelas yang diidamkan-idamkan oleh siswa MOS. Ya, kakak kelas yang baik. Tentu kalau diperintah oleh kakak kelas yang baik, perintahnya tidak terlalu berat bahkan dia dengan murah hati memaafkan kita saat melakukan kesalahan.

Mereka ini banyak senyum, gak pernah bentak-bentak, dan memiliki sikap kekakakan terhadap kamu. Kakak kelas model ini biasanya langsung menjadi favorit di kalangan para adek kelas, apalagi kalo dia cantik/ganteng. Kalo ada ajang ngirim surat cinta ke kakak kelas, biasanya yang beginian paling banyak dapet nih.

4. Kakak Kelas Kabur-Kaburan

atlet
Via alvindaily.blogspot.com

Pernah ga sih kamu sewaktu MOS disuruh  minta tanda-tangan kakak-kakak osis? Biasanya tipe yang ini nih yang susah banget di carinya. Kadang dia ada di kantin, terus pas tiba-tiba anak-anak MOS mengejarnya ke kantin, dia kabur ke lantai dua. Pokoknya ilang-ilangan terus deh kerjaannya.

5. Kakak Kelas Populer

www.ayobergaul.com
www.ayobergaul.com

Nah, kalo tipe kakak kelas yang satu ini adalah kakak kelas yang dari awal emang udah populer. Biasanya sih karena dia emang cantik/ganteng atau bisa jadi dia pernah juara olimpiade tingkat dunia, sehingga banyak orang yang kenal dengannya.

Tapi walaupun dia populer, belum tentu dia baik loh, sobat. Kebanyakan dari tipe ini sih galak, namun karena ke gantengan/kecantikannya, siswa dan siswi pun rela dimarahi olehnya.

6. Kakak Kelas Cupu

Ilustrasi malu karena sial. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi malu karena sial. (Foto: Shutterstock)

Berbanding jauh dengan kakak kelas yang populer diatas. Kakak kelas yang cupu ini, biasanya tidak terlihat seram sama sekali sebagai kakak kelas MOS. Malah terlihat culun. Tapi biasanya sih tipe ini mempunyai sifat yang baik.

Itulah dia sobat tpe-tipe kakak kelas pada saat masa orientasi sekolah. Ada lagi tipe yang kurang di atas? Boleh ditambahkan di kolom komentar ya, Sobat.

LEAVE A REPLY