susah bangun tidur
http://econet.ru/

Gulalives.com, DEPOK – Liburan, siapa sih yang engga ingin ada liburan? Waktu liburan sering kali dimanfaatkan bagi anak-anak sekolah terutama untuk refreshing dari kegiatan sehari-hari yang bikin otak puyeng.

Tapi tau ga sih sobat, kalau liburan itu dapat membuat fisik dan psikisnya menjadi berkurang atau tidak seproduktif yang dulu. Sehingga efek-efek dari liburan yang terlalu lama ini membuat kita tidak siap saat akan masuk kembali.

Mau tau apa sajakah hal-hal yang terjadi saat liburan terlalu panjang? Berikut Gulalives akan mengulasnya.

1. Tulisan Jadi Jelek

Photo by: 3.bp.blogspot.com
Photo by: 3.bp.blogspot.com

Inilah yang dirasakan oleh anak-anak sekolah setelah menghabiskan waktu liburan yang panjang, ya tulisan jadi jelek sewaktu masuk sekolah. Disadari atau tidak, liburan yang panjang membuat kita sibuk dengan dunia kita sendiri, tanpa memikirkan kegiatan yang ada di sekolah. Hal inilah yang menyebabkan tulisan menjadi jelek dikarenakan terlalu kebanyakan bersenang-senang hingga menjadi tidak pernah menulis ataupun membaca.

2. Otak Kurang Produktif

Pandangan mata berkunang-kunang pasca-olahraga sementara cukup minum mesti diwaspadai ada gangguan pada jantung.

Apakah sobat pernah merasakan jika selama liburan ini otak kita menjadi tidak produktif? Kasus ini telah terjadi di Amerika Serikat, dari sebuah survey The Hartford di Connecticut diketahui lebih dari satu juga kasus short-term disability atau kemunduran otak sebagai akibat dari liburan panjang. Ketika liburan panjang tiba otak menjadi jarang diasah.

Kasus short-term disability yang terjadi di Amerika terjadi di bulan November – Desember, sedangkan pada Januari – Februari, penyakit ini juga diikuti dengan depresi, gangguan pernapasan dan luka-luka. Pada bulan-bulan tersebut sedangkan bersuhu cuaca rendah dan efek dari musim dingin sehingga meningkatkan risiko flu, batuk, gangguan pernapasan, depresi dan kecelakaan.

Hal inilah yang ditakutkan jika terjadi libur panjang, yaitu otak menjadi tidak semaksimal untuk digunakan seperti ketika hari biasa, dimana otak lebih bekerja lebih dibanding hanya berdiam diri di rumah.

3. Begadang Terus

susah bangun tidur
http://econet.ru/

Namanya juga liburan, pastinya bebas dong mau tidur kapan aja. Tidak ada yang mengatur harus bangun pagi karena sekolah, dan tidak ada yang menghalangi jika tidur larut malam. Begadang ini bisa dijadikan balas dendam bagi anak sekolah yang waktu sekolah dulu harus tidur di awal malam karena takut kesiangan.

Kita bakal begadang semalaman, entah itu nongkrong sama teman, nonton bola, nonton film atau bahkan hanya sekedar merasakan sensasi malam sekalipun tidak ada yang berhak melarang. Giliran pas sudah masuk waktu sekolah, kantung mata pun udah ada dimana-mana.

4. Bangun Siang

gambar susah tidur
assets.kompas.com

Bangun siang ini juga hampir sama sob, dikarenakan liburan jadi jadwal menjadi tidak teratur apalagi ditambah dengan begadang pasti ujung-ujung nya bangun siang. Udah pasti kelewat tuh sarapan pagi segala macam.

5. Jarang Mandi

ilustrasi mandi air hangat.
ilustrasi mandi air hangat.

Yang namanya liburan bisa dikatakan memiliki motto ‘Pantang Mandi’ bisa dikatakan mandi sehari sekali bahkan dua hari sekali, seingetnya dia saja atau jika badan sudah berkeringat baru mandi.

6. Mulai Merasa Bosan

Hari Senin seperti ketakutan yang selalu datang menghampiri (Foto: Irishtimes)
Hari Senin seperti ketakutan yang selalu datang menghampiri (Foto: Irishtimes)

Efek dari liburan yang terlalu panjang adalah bosan. Saat liburan sering banget hal ini terjadi apalagi yang liburannya kemana-mana berasa sepi berbeda sewaktu di sekolah. Biasanya saat-saat seperti ini mulau deh kontak-kontak temen sekolah nya untuk sekedar bermain bareng. Tapi kalau temannya sedang sibuk semua, terpaksa deh liburan harus mendekam di dalam rumah, seperti di asingkan.

Telebih lagi kalau dia jomblo, mau keluar pun tidak ada yang mau nemenin hehe. Saat liburan ,alah kangen dengan sekolah, teman-teman sekolah, suasana di sekolah. Pokoknya berharap liburan cepet berakhir agar tidak kebosanan lagi. Tapi giliran masuk sekolah, malah pengennya liburan. Begitulah anak jaman sekarang.

7. Duit Jajan Menipis

gambar uang habis
http://www.news.at/

Bukan liburan namanya jika tidak mengeluarkan sepeserpun uang. Apalagi jika kita liburan ke tempat yang membutuhkan biaya yang mahal, pasti nya makin ke sini keuangan kita kian menipis. Dan ini terjadi pada saat liburan di awal-awal dimana kita habiskan uangnya untuk bersenang-senang dan membeli barang apapun yang kita suka. Dan menjelang pertengahan hingga akhir liburan, disitulah kita merasa ingin balik sekolah lagi untuk mendapat uang saku dikarenakan uang kita sudah abis di awal liburan.

8. Gemuk

 

 

 

5 fakta penting setelah melahirkan yang wajib diketahui perempuan.

Liburan panjang tanpa melakukan aktivitas satu pun, serta dibarengi makan dan tidur yang meningkat membuat tubuh lebih cepat bertambah berat badan. Jangan lupakan olahraga agar tubuh tidak gemuk selama liburan panjang. Kurangi juga porsi makan, mengontrol nafsu makan ketika kamu melakukan liburan dengan wisata kuliner, serta banyak minum air putih.

Itulah dia sobat, hal-hal yang terjadi apabila liburan terlalu panjang. Semoga saja hal ini tidak terjadi kepada sobat semua ya. Liburan bukan berarti dijadikan ajang balas dendam untuk keluar dari rutinitas biasanya. Justu dengan liburan kita harus menjadi aktivitas-aktivitas kita sehari-hari agar sewaktu masuk sekolah atau kuliah tidak kaget lagi.

LEAVE A REPLY