Gulalives.com, YOGYAKARTA – Tak terasa ya bulan Ramadhan sudah hampir usai. Kalian yang jauh di rantau sudah siap-siap buat mudik belum? Bicara soal mudik, tentu momen ini banyak dinanti setiap orang terutama yang jauh dengan keluarga. Ketika lebaran semua keluarga yang terpencar-pencar akan pulang ke kampung halaman, berkumpul. Selain momen saling memaafkan, lebaran juga ajang melepas kangen. Pertanyaancalonnya mana? Kapan nikah?” mesti meluncur bertubi-tubi. Nah, buat kamu yang berstatus jomblo sudah siap amunisi belum?

Buat yang sudah punya pasangan, lebaran akan semakin istimewa karena kamu bisa memperkenalkan pasanganmu ke keluarga. Tapi buat yang masih single, kita bakal bantu kasih jawaban buat pertanyaan seram seperti “Calonnya mana? Kapan nikah?” Biar nanti kamu bisa jawab dengan elegan.

nukyjaya-wordpress.com
nukyjaya-wordpress.com

Karena calonmu bisa siapa saja yang sama-sama merayakan lebaran, so jawab saja “calonku lagi lebaran di rumah ortunya, Budhe/Pakdhe”

Sebenarnya sih yang ribet plus ribut menanyakan mana si calon itu keluarga besar, sementara papa mamamu santai saja. Jika hal ini terjadi, bilang saja calonnya masih di rumahnya sendiri. Belum halal masa mau dibawa lebaran ke rumah. Bener, kan? Toh calonmu bisa siapa saja yang jelas lagi lebaran dengan keluarga besarnya.

Gimana kabar si X? (nama mantan)

Pernah membawa pasangan ke rumah tapi kemudian kandas di tengah jalan? Jangan kaget kalau tiba-tiba sang mantan ditanyakan sanak saudara di momen silaturahmi lebaran. Tak ayal pertanyaan ini bikin sakit hati dan teringat lagi ke momen manis yang sudah dilewati. But, kamu harus tetap berjalan maju kan? Tanggapi saja dengan jawaban sesantai mungkin, meski hatimu teriris. Misal, “Udah habis masa berlakunya, Bulik,” atau “dia baru sowan ke rumah eyangnya.”

portalsatu.com
portalsatu.com

Pertanyaan sakral, “Kapan nikah?”

Singkat, jelas, padat, dan horor! Gempuran pertanyaan “kapan nikah” tak pandang bulu. Mau kamu belum punya pacar atau sudah punya pacar, kalau dipandang sudah cukup umur mesti anggota keluarga akan tetap menanyakan hal ini padamu. Sebel pastinya, orang kamu yang mau nikah kok mereka yang ribut. Tapi jangan tersulut emosi sampai marah-marah di hari lebaran ya. Tenang dan jawablah, “Ini kan hari lebaran, jadi KUA masih tutup. Entar ya, Tante kalau uda buka.”

Kacaukan konsentrasi penanya dengan bertanya balik. Senjata makan tuan bukan?

Bila yang bertanya seumuran dan sama-sama belum nikah tanya balik, “kamu sendiri mana calonnya? Kok gak dibawa?” Bila yang bertanya sudah menikah tapi belum punya anak, “kakak gak ada rencana buat segera punya momongan?” Kalau yang bertanya sudah menikah dan punya anak, “gak ada rencana nambah adik buat Keke?” Dan bila pemberi pertanyaan adalah pakdhe, budhe, atau saudara yang punya anak seumuran, “kalau Dinda sendiri sudah ada calon belum Budhe? Kok gak keliatan juga?”

Sebenarnya semua itu adalah peralihan lebih halus dari jawaban “ini bukan urusanmu!” Tapi gak mungkin kan kalau kamu jawab begitu. Maka kamu bisa mengakalinya dengan bertanya balik. Pokoknya jangan beri mereka kesempatan untuk nepoin kamu dengan pertanyaan itu. Karena kalau kamu nggak siap, kamu bisa jadi sebel sama yang bertanya. Pasti deh rasanya nggak enak ditanya-tanya gitu, ya kan?

ppibristol.com
ppibristol.com

Jawaban paling bijaksana adalah, Alhamdulillah belum dipertemukan sama Allah. Doanya saja yaa.”

Bila jawaban gurauan diatas tidak mempan, berarti waktunya kamu pakai jawaban serius, bijak, dan aman sepanjang zaman. “Doain aja yaa. Thats all!

Yang namanya jodoh itu rahasia Tuhan. Tidak seperti ketika kita nonton film di laptop, yang bisa dipercepat ataupun diperlambat. Kamu hanya bisa melakukan usaha dengan hasil akhir tetap di tangan Tuhan. Karena itulah benar adanya jika kita minta doa kepada yang bertanya.

Lebaran memang momen menyenangkan tapi juga menyedihkan untuk para single yang sudah berumur. Pertanyaan tersebut akan terus berulang sampai kamu datang memperkenalkan seseorang. Mau marah juga percuma, gak etis juga. Jadi gak ada salahnya kamu menyiapkan amunisi jawaban dan menyiapkan hati sebelum momen lebaran tiba.

loading...

LEAVE A REPLY