www.womenshealthmag.com

Gulalives.com, YOGYAKARTA – Bagi sebagian kecil para jomblo, mungkin mudik merupakan salah satu momen yang bikin horor hingga malas untuk mudik. Pasalnya mereka bosan mendengar pertanyaan yang sama secara berulang terkait jodoh atau pasangan hidup mereka. Padahal lebaran itu merupakan salah satu momen penting bagi muslim di Indonesia. Sampai bela-belain beli tiket kereta api 3 bulan sebelumnya. Antri tiket bis, dan lain-lain demi pulang ke kampung halaman menemui sanak keluarga.

Tapiii, bagi sebagian besar para jomblo, lebaran merupakan saat yang paling ditunggu. Karena pada saat ini mereka akan bertemu dengan banyak orang. Di samping keluarga besar, kita pasti punya seabrek undangan syawalan. Mulai dari teman saat masih di Taman Kanak-Kanak (TK) hingga syawalan di RT. Bagi para jomblo itu, ini merupakan kesempatan emas untuk menjaring pasangan hidup mereka. Siapa tahu, satu dari sekian banyak orang yang mereka temui, adalah jodoh mereka. Nah, agar tidak salah bersikap, berikut beberapa tips yang bisa para jomblowan dan jomblowati terapkan saat mudik.

1. Siapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan menyebalkan

Coba sebutin deh pertanyaan-pertanyaan nyebelin itu? Yup! Sudah nikah belum, mana pasanganmu dan lain-lain. Bahkan terkadang mereka bertanya dengan tanpa perasaan, bernada tidak percaya, bahkan mengejek. Tapi tenang, Gulalives sudah membantu menyiapkan berbagai jawaban “jleb” hingga orang yang bertanya males nanyain itu lagi kepada kamu.

www.dailymail.co.uk
www.dailymail.co.uk

2. Siapkan daftar orang-orang yang akan kamu kunjungi

Silaturrahmi itu selain mempererat hubungan, juga akan memudahkan rezeki. Karena saat bertemu itu, kita bisa berbincang tentang banyak hal. Peluang usaha hingga perjodohan kilat. Siapa tahu yang kamu temenin itu juga lagi nyariin kakak, sepupu, pamannya, atau teman kantornya yang jomblo.

3. Siapkan mental kamu

Mendapatkan berbagai pertanyaan ngeselin seputar status jomblo memang kadang sakitnya tuh di sini. Atau saat acara syawalan akbar, mendadak baper saat melihat mantan sudah menggandeng perempuan lain berstatus istri, malah ada yang sudah punya anak. Eeeh, jangan sedih. Barang kali dia bukan yang terbaik buat kamu. Toh kamu sudah memutuskan tobat dari pacaran dan inginnya langsung menikah aja lewat ta’aruf. Atau lagi usaha kamu untuk mendapatkan jodoh pada lebaran tahun ini juga belum memberikan hasil.

Nah, akan ada hal-hal di luar skenario kita saat mudik. Sehingga kamu perlu jauh-jauh hari menyiapkan mental kamu. Perbanyak shalat tahajud, dan berdo’a minta jodoh kepada Allah SWT. Jika kamu sudah siap secara mental, maka semua yang terjadi akan kamu hadapi dengan tenang dan tidak pake emosi.

Keutamaan Shalat Tahajud dapat Membuat Kaya (Yusufmansyur.com)
Yusufmansyur.com

4. Siapkan fisik kamu

Iya, bener. Kecantikan dari dalam itu lebih utama dari kecantikan fisik. Tapi 3 detik pertama, orang melakukan penilaian terhadap kita dari tampilan fisiknya dulu. Orangnya ramah atau tidak, rapi atau tidak, dan sebagainya.

Bagi para jomblowati, kamu bisa melakukan perawatan ke salon, minimal facial wajah ya agar komedo yang kadang berwarna hitam (saking lama tidak dibuang) tidak merusak pemandangan wajah kamu. Tapi yang utama adalah perbanyak berwudhu dan sholat tahajud, itu akan memberi ‘cahaya’ pada wajahnya. Misalnya lihat aja wajah para ustadz. Walau nggak ganteng, tapi wajahnya kelihatan bersih dan membuat adem siapapun yang memandangnya, ya kan?

Selanjutnya rapi dan bersih dalam berpakaian. Bukan harus pakai baju baru ya. Lagian nih ya, orang lain nggak tahu baju yang kamu pakai itu baru atau lama karena kalian jarang bertemu. Kecuali nggak kamu lepas price tag atau nggak kamu cuci baju baru kamu, mungkin mereka akan tahu kalau kamu pakai baju baru. Pilih busana sesuai acaranya, jangan salah kostum ya. Kalau mau menggunakan konsep tabraak warna seperti fashion Korea, sah-sah aja. Tapi sesuaikan juga dengan diri kamu ya. Minta pendapat dari adik, kakak atau mama kamu tentang busana yang kamu kenakan sebelum pergi ke acara syawalan ya.

www.schoonheidsspecialiste-opleiding.nl
www.schoonheidsspecialiste-opleiding.nl

Yang tidak kalah penting, persiapan lainnya adalah selalu hiasi wajah kamu dengan senyuman. Ini akan memberi kesan bahwa kamu orang yang ramah dan terbuka. Hingga orang lain berani untuk memulai percakapan denganmu. Siapa tahu cowok itu sebenarnya sudah dari tadi ingin mendekatimu, tapi karena kamu cemberut alias bermuka masam, dia jadi ragu-ragu menghampirimu.

 

 

loading...

LEAVE A REPLY