www.huffingtonpost.com

Gulalives.com, YOGYAKARTA – Seperti yang sudah Gulalives sebutin dalam beberapa artikel sebelumnya, jadi jomblo atau single itu nggak selamanya merana. Banyak alasan yang melatarbelakangi kejombloan seseorang dan itu bukan karena terpaksa. Tapi sayang seribu sayang, banyak yang berbuat ‘semena-mena’ hanya karena ketika seseorang menyandang status itu. Sasaran empuk bagi para bullyer.

Senyaman apapun kamu dengan status jomblomu, kehidupanmu gak bakal bisa lepas dari ocehan atau omongan yang datang dari teman, orangtua, saudara, bahkan orang yang baru kamu kenal. Meskipun kamunya sendiri santai saja, tapi kadang omongan itu bikin kuping merah dan gerah juga. Berikut ini beberapa kalimat yang sering kamu denger saat lebaran, dan maleeeees banget deh mendengarnya.

jombloo.co
jombloo.co

6. “Umur segini masih belum punya pacar juga?”

Entah ini memang bermaksud bertanya atau mengejek, tapi kalimat ini kadang nyebelin banget dengernya. Emang kalau ‘umur segini’ belum punya pacara kenapa ya nggak? Bisa jadi kamu tidak punya pacar sampai saat ini karena kamu termasuk orang yang tidak mau terjebak dalam jenis hubungan satu itu. Menjaga diri dari perbuatan yang mendekati zina.

Lagiaaan nih ya, tua itu pasti, gak bisa kamu perlambat atau kamu hentikan. Asal kamu gak pernah berhenti berkarya dan mengembangkan diri, semakin bertambahnya usia maka seharusnya makin banyak ilmu dan kebijaksanaan dalam setiap keputusan, termasuk masalah pacaran. So, kalau dengar pertanyaan ini, cukup jawab dengan senyuman. Walaupun mungkin akan berujung dengan kalimat ngeselin lainnya, misalnya kalimat nomor 5.

5. “Serius belum punya pacar? Kok bisa kamu belum punya pacar?”

Tuuh, kaan. Apapun jawaban yang kamu berikan, mereka merasa tidak percaya dan perlu memastikannya lagi. Duuh pemirsa, diapa tahu mereka adalah orang-orang inginnya langsung menikah, nggak pake pacaran. Jugaaa kalau para jomblo itu tau jawaban pertanyaan tersebut, mungkin mereka langsung pensiun dari status jomblonya. Pertanyaan macam ini retoris banget deh. Gak perlu jawaban juga semua tau kalau jomblo itu ya gak punya pacar. Gak perlu ditanya lagi, yang mereka perlukan itu selain do’a ya calon pasangannya.

ppibristol.org
ppibristol.org

4. “Kamu gak kesepian kalau gak ada pacar?”

Hello, open your eyes dunia ini luas. Kehidupan tak selalu diisi dengan berduaan sama pacar. Keseringan yang ada malah nambah dosa lagi! Kasih sayang bisa kita dapat dari orangtua, persahabatan yang lebih kental daripada hubungan darah, atau saudara beneran yang walaupun nyebelin tetap bikin kangen. Tanpa pacar hidup terasa hampa dan gak berarti, itu adalah konsep kebahagiaan yang payah. Mungkin begitu kira-kira yang jawaban ingin kita berikan sebagai jombloer saat ada nanya tentang kesepian.

Justru kamu patut bersyukur dengan status jomblomu karena kamu punya banyak waktu untuk mengembangkan diri. Banyak hal berharga yang bisa membuatmu bahagia. Kalau tiba waktunya kamu disandingkan dengan seseorang, itu hanya akan menambah kebahagiaanmu yang sudah tertata.

3. “Kamu itu terlalu pemilih sih, jadi gak ada yang nyantol”

Ini pernyataan yang bikin pusing kepala para jomblo. Gimana nggak pilih-pilih, orang mau dapat yang terbaik, sekali seumur hidup, tentunya harus milih-milih dong. Ngggak mungkin asal comot. Masa iya langsung terima siapa aja yang nglamar? Emang mau sama yang keren abis kaya artis Hollywood atau K-POP tapi suka main pukul? Orang yang ta’aruf saja pake proses perkenalan kok sebelum nikah.

Kalau dapat pertanyaan begini, bisa aja kamu jawab dengan senyuman lagi. Tapi kalau orangnya rese dan biang gosip, kamu jawab aja dengan pertanyaan ini, “Emang kamu tahu saya milih yang gimana?”

simomot.com
simomot.com

2. “Mana calonnya?”

Pertanyaan mengenai pasangan hidup memang jadi tradisi yang menghiasi momen lebaran. Terlebih jika kamu punya trah keluarga besar, dimana lebaran dijadikan ajang kumpul bareng untuk temu kangen sanak saudara yang jauh dimato. Tak ada angin tak ada hujan, kamu yang sudah cukup umur siap-siap saja dihadang pertanyaan “Mana calonnya? Kenalin Tante dulu sini.”

Buat kamu yang masih belum punya pasangan dan ditembak pertanyaan tersebut, maka kamu bisa melakukan ini. Pertama bilang jujur sambil senyum manis, “Hehe, masih jomblo, Tantee.“ Trus langsung kamu ditambahin, “Makanya bantu cariin dong, Tan.” Iya dong, kamu harus memanfaatkan momen-momen begini sebgai upaya untuk mendapatkan imam hidupmu. Nah, kalau emang maleees banget denger pertanyan itu-itu lagi tiap tahunnya, jawab aja, “Do’ain saja secepatnya, Tan.”

1. “Kapan nikah?”

Pertanyaan ini tidak kalah menusuknya dengan pertanyaan sebelumnya. Bisa jadi lebih parah rasanya buat yang masih single. Apalagi kalau ada saudara seumuran atau yang lebih muda sudah nikah duluan, mesti dia buat perbandingan kamu. Biar suasana hati lebih adem, jawab saja dengan bumbu candaan. Seperti, “insya Alloh habis lebaran Tante,” walau nggak tahu lebaran tahun kapan. Hihihi.

Naaah, jika kamu-kamu mendengar 6 kalimat yang paling malesin ini, kamu harus pintar-pintar melihat siapa yang bicara dan situasinya. Jika ia adalah orang-orang baik dan dekat dengan kamu, jadikan jawaban yang kamu berikan sebagai peluang untuk mendapatkan kenalan dari mereka. Tapi kalau orangnya nyebelin, tukang kepo dan tukang gosip, berikan jawaban ‘mematikan,’ sehingga dia ga bisa bergosip di belakang kita.

loading...

LEAVE A REPLY