stella-express.net

Gulalives.com, YOGYAKARTA – Kamu lagi galau mutusin sesuatu? Coba deh kamu lakuin sholat istikharah. Berikut panduan lengkap tata cara shalat istikharah.

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara/urusan yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Tata Cara Sholat Istikharah

1. Membaca niat, kemudian diikuti dengan membaca takbir.

Tidak ada redaksi khusus bacaan niat istikharah ya, Gais. Menurut Syeikh Yusuf al-Qaradawi, niat itu adanya di dalam hati. Sehingga cukup membaca dalam hati: “aku niat sholat istikharah dua rakaat, karena Allah ta’alaa.” Boleh pakai bahasa apapun, kan yang menciptakan segala bahasa di dunia ini adalah Alloh. Masa Alloh nggak paham kalau kamu niat pakai bahasa Madura, ta iye?

2. Membaca do’a iftitah.

3. Membaca surat al-fatihah.

www.ennaharonline.com
www.ennaharonline.com

 

4. Membaca surat-surat pendek. Tidak ada surat khusus yang perlu dibaca. Baca aja surat yang kamu hafal. Tapi wajib bahasa Arab ya. Al-Hafizh Al-Iraqi ra dalam Umdah Al-Qari`: 7/235 berkata, “Saya tidak menemukan sedikitpun dalam jalan-jalan hadits istikharah adanya penentuan surah tertentu yang dibaca di dalamnya.”

5. Ruku’ dan membaca tasbih 3 kali.

6. I’tidal.

7. Sujud pertama, kemudian membaca tasbih 3 kali.

8. Duduk diantara dua sujud.

9. Sujud keduan kemudian membaca tasbih 3 kali.

10. Lakukan rakaat kedua sebagaimana tata cara rakaat pertama di atas. Setelah itu, lakukan tasyahud akhir dan diikuti dengan dua salam.

Kapan Melakukan Sholat Istikharah?

1. Waktu Melaksanakan Shalat istikharah

Shalat istikharah dapat dilakukan kapan saja kecuali di waktu-waktu yang diharamkan. Namun jika mendesak, harus memberi keputusan saat itu juga, maka imam syafi’i dan imam Ahmad membolehkan shalat istikharah di waktu haram. Syaikhul Islam Ibnu Taimiah memperkuat pendapat ini (lihat Majmu’ Al-Fatawa: 23/210-215).  Tapi ini jika kondisi darurat ya. Karena sebenarnya waktu-waktu yang dilarang sholat itu cuma sekitar 4 menit kok.

www.joy105.com
www.joy105.com

Dari Uqbah bin Amir, Rasulullah SAW melarang sholat pada tiga waktu:

1. ketika terbit matahari sampai tinggi,

2. ketika hampir Zuhur sampai tergelincir matahari (sekitar 4 menit sebelum adzan dzuhur),

3. ketika matahari hampir terbenam.” [HR. Bukhari]

Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam menjelaskan alasan pelarangan waktu-waktu ini dalam sabdanya kepada Amr bin Abasah :

“Tegakkanlah sholat shubuh kemudian berhentilah mengerjakan sholat, hingga matahari terbit dan agak meninggi, karena terbitnya matahari pada waktu itu di antara dua tanduk setan, dan ketika itu [sebagian] orang-orang kafir [penyembah matahari] sujud kepada matahari, kemudian setelah itu kerjakanlah sholat, karena sesungguhnya sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri [oleh malaikat], hingga hilangnya bayang-bayang pada sebuah tombak.

Kemudian tahanlah diri dari mengerjakan sholat, karena saat itu neraka jahanam sedang dibakar, kemudian jika telah muncul bayang-bayang maka kerjakanlah sholat [sunnah] karena sesungguhnya sholat pada waktu itu disaksikan dan dihadiri [oleh malaikat], hingga engkau mengerjakan sholat ashar, kemudian berhentilah mengerjakan sholat sampai matahari benar-benar tenggelam, karena waktu itu tenggelamnya matahari diantara dua tanduk setan, dan pada saat itu orang-orang kafir [penyembah matahari] bersujud menyembah matahari.” (Shahih, HR. Muslim)

islamicartdb.com
islamicartdb.com

Waktu utama melakukan shalat istikharah

Sepertiga malam terakhir, sekitar pukul 1 dini hari hingga menjelang shalat subuh adalah waktu yang terbaik. Karena do’a pada waktu itu akan dikabulkan sama Allah. Tapi kalau misalnya kamu cuma diberi waktu 1 jam saja untuk membuat keputusan, maka kamu bisa langsung sholat istikharah saat itu juga. Selagi bukan waktu-waktu yang diharamkan ya.

2. Saat bingung atau mantap pada suatu urusan?

Menurut Ustadz Aris Munandar, lakukan shalat ini bahkan saat kamu sudah mantap. Agar Alloh mudahkan jika itu membawa kebaikan dan Alloh akan mencegah kamu melakukan urusan itu jika membawa keburukan bagimu.

Oya kita juga bisa lho melakukan sholat ini bahkan jika cuma punya 1 pilihan. Karena kita perlu meminta kebaikan dalam segala urusanmu kepada Alloh. Misalnya terkait jodoh. Tidak melulu istikharah itu kamu lakukan ketika memilih cewek A atau cewek B. Tapi jika kamu sudah suka nih dengan seorang cewek dan ingin menikahinya maka istikharah kamu adalah untuk memilih sebaiknya menikahi dia atau tidak.

Jumlah Rakaat Sholat Istikharah

Gais, shalat istikharah jumlah rakaatnya cuma 2. Kalau belum mantap boleh tambah lagi? Tettooot. Nggak boleh ya. Kalau kamu belum mantap maka lakukan shalat istikharah lagi pada hari berikutnya.

islamhashtag.com
islamhashtag.com

Do’a Sholat Istikharah

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’alaa, maka dari itu panjatkanlah do’a-do’a yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini do’a sholat dhuha yang bisa sobat hafalkan dengan mudah inshaAllah.

لهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ……… خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ……… شَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Alloohumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotika wa as aluka min fadhlikal ‘adzhiimi. Fainnaka taqdiru walaa aqdiru walaa a’lamu wa anta ‘al-laamulghuyuubi. Alloohumma inkunta ta’lamu anna haadzal amro….. khoirun lii fii diinii wama’aasyii faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta’lamu anna haadzal amro….. syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajilihi fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdurlil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

*titik-titik diganti dengan menyebutkan urusan kita

Arti Do’a Setelah Sholat Istikharah

Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini …….. adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ……… menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

photo.elsoar.com
photo.elsoar.com

Jawaban Shalat Istikharah

Oke. Shalat istikharah sudah nih, terus gimana caranya kita tahu pilihan dari Alloh yang mana?

Well, kalau kamu masih ragu-ragu, maka lakukan lagi shalat istikharah hingga beberapa hari. Namun jika tidak ada waktu lagi, maka lakukan pilihan yang mantap di hati kamu, Gais. Karena Rasululloh berpesan, tinggalkan perkara yang ragu-ragu. Karena keraguan itu dari setan.

Misalnya nih, kamu mantap untuk menikahi seorang gadis. Naaaah, nanti, Alloh akan melancarkan urusan kamu mulai dari lamaran hingga ke akad nikah. Namun, jika itu buruk bagi kamu, maka Alloh akan menggalkan pernikahan kamu. Eiiits, jangan protes dulu. Walaupun gagal nikah, tapi hati kamu akan tetap tenang lhooo, tidak merasa malu atau apa gitu. Keep cool aja. Karena kamu yakin, Alloh sedang mellindungi kamu dari keburukan dari gadis itu yang mungkin akan muncul pada masa yang akan datang.

Sebagian besar orang mengatakan bahwa jawaban dari shalat ini adalah berupa mimpi. Padahal mimpi itu tidak bisa dijadikan patokan hukum dan tidak ada hubungan antara shalat istikharah dengan mimpi.

Rasululloh bersabda,

الرؤيا ثلاثة، من الرحمن ومن الشيطان وحديث نفس

“Mimpi ada 3 macam: dari Allah, dari setan, dan bisikan hati.”

Allohu’alam bishshowab.

loading...

LEAVE A REPLY