Gambar via: www.ciamisonline.com

GULALIVES.co, Depok- Sinema elektronik atau sinetron mulai populer di kalangan masyarakat pada tahun 90-an. Sinetron biasanya menyajikan kisah cinta yang terjadi di kehidupan nyata namun diberi “bumbu-bumbu” yang sedikit melenceng dari kehidupan nyata. Terkadang “bumbu-bumbu” ini diberikan secara berlebihan ke dalam cerita sehingga muncullah adegan-adegan yang nggak masuk akal. Adegan-adegan sinetron yang nggak masuk akal ini makin sering ditemukan di sinetron masa kini yang cenderung tidak mendidik penontonnya. Apa saja adegan-adegan sinetron yang saking nggak masuk akalnya suka bikin penontonnya geleng kepala? Ini dia daftarnya!

Meet cute, jatuh cinta pada pandangan pertama

Gambar via: amirdapir.blogspot.com
Gambar via: amirdapir.blogspot.com

Istiah meet cute diperkenalkan oleh para sutradara Hollywood dimana adegan pertemuan kedua tokoh utama yang tidak sengaja. Sedangkan di Indonesia, meet cute diwujudkan dengan adegan pertemuan pertama yang berujung kisah cinta pada pandangan pertama. Sayangnya, terkadang meet cute ini dikemas secara asal sehingga terkesan nggak masuk akal.

Adegan di sinetron:

Tokoh utama wanita menyebrang, tertabrak dengan mobil pemeran pria. Pemeran pria turun dari mobil untuk menolong.

“Duh Mbak, gimana sih kalau jalan—kamu nggak apa-apa?,” pemeran pria yang tadinya mau memarahi tokoh utama wanita jadi batal karena terpesona dengan kecantikan tokoh utama wanita.

“Nggak apa-apa, Mas”, tokoh utama wanita juga terkesima dengan ketampanan pemeran pria. Lalu mereka saling jatuh cinta.

Kenyataan:

Wanita menyebrang sembarangan, nggak sengaja tetabrak pria. Sebelum pria membuka mulut, pasti wanita duluan yang sudah memaki.

“BISA BAWA MOBIL NGGAK SIH, PAK?!,” nggak peduli mau tampan apa tidak, keselamatan memang yang utama.

Tertabrak, bukannya minggir malah teriak dulu

Gambar via: www.kaskus.co.id
Gambar via: www.kaskus.co.id

Logikanya, kalau Anda menyebrang sembarangan dan hampir ditabrak, hal pertama yang dilakukan pasti menghindar. Namun tidak dalam adegan dalam sinetron.

Adegan di sinetron:

Tokoh utama hendak mengejar orang di jalanan ramai. Tiba-tiba disorot dengan lampu senter mobil, menoleh ke arah ke mobil. Sempat saling kontak mata dengan pengendaranya kemudian sama-sama berteriak,

“TIDAAAKKKK,” lalu tertabrak mobil.

Kenyataan:

Saat terjadi tabrakan, nggak ada yang bertukar pandang apalagi sempat-sempatnya teriak.

Berantem sampai terbang-terbang

My fav scene ♡

A video posted by Sheila Marcia joseph (@itsmarciajoseph) on

Adegan berantem di sinetron Indonesia selalu bikin orang bule takjub. Kenapa? Karena mereka berantem sampai terbang-terbang segala. Mau menendang saja harus ancang-ancang dari jauh lalu terbang dari jarak 5-10 meter ke arah musuhnya.

Adegan di sinetron:

“TERIMA JURUS SAKTIKU!,” berlari lalu terbang dan menendang musuh hingga musuh terpental beberapa meter dari tempat dia berdiri.

Kenyataan:

Menendang musuh membutuhkan jarah yang dekat, setidaknya satu sampai dua meter.

Menyiram air keras, operasi plastik saat sembuh wajahnya berubah 180 derajat

Gambar via: www.hipwee.com
Gambar via: www.hipwee.com

Tokoh jahat dalam sinetron punya seribu satu cara untuk mencelakai tokoh utama. Salah satunya dengan menyiramnya dengan air keras ke wajahnya.

Adegan di sinetron:

“Rasakan pembalasanku!”,ujar tokoh jahat sambil menyiram air keras ke arah wajahnya.

“Tidaaaaak!,” rintih tokoh utama.

Tokoh utama menjalani operasi plastik. Saat membuka perbannya, wajahnya berubah menjadi 180 derajat dari wajah sebelumnya. Dan dia akan membalas perbuatan tokoh jahat dengan mengandalkan wajah barunya.

Kenyataan:

Saat disiram air keras, korban akan mengalami kerusakan wajah yang sangat parah. Operasi plastik dilakukan tidak hanya sekali, dan tidak sampai mengubah wajah orang sampai berbeda 180 derajat. Proses penyembuhan operasi plastik juga memakan waktu yang lama, bahkan hanya menurunkan bengkak usai operasi saja membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

Tidur tapi masih dandan

Gambar via: twitter.com
Gambar via: twitter.com

Umumnya, ketika orang mau tidur pasti mengenakan sesuatu yang nyaman. Mengganti baju dengan piyama dan wajah yang bebas dari make up. Bagaimana dengan di sinetron?

Adegan di sinetron:

Tokoh utama tidur tetapi masih mengenakan make up penuh bahkan rambutnya juga ditata. Saat dia bangun merengangkan kedua tangan sambil menguap lebar.

Kenyataan:

Mengenakan make up saat tidur dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan make up bisa menodai sarung bantal.

Amnesia atau hilang ingatan

Gambar via: freshupdate.xyz
Gambar via: freshupdate.xyz

Kebanyakan sinetron melibatkan adegan amnesia untuk menambah greget pada penontonnya.

Adegan di sinetron:

“Ini dimana? Aku siapa? kamu siapa? ADA APA DENGAN SAYA?!,” teriak tokoh utama saat terbangun tanpa ada sepenggal ingatan yang diingatnya.

Kenyataan:

Saat mengalami amnesia, pasien akan merasa kebingungan tapi tidak langsung teriak-teriak. Mereka mencoba meraba keadaan baru lah bertanya mengapa mereka bisa sampai di rumah sakit.

Kabur dari rumah sakit, selang infus dicabut

Gambar via: showbiz.liputan6.com
Gambar via: showbiz.liputan6.com

Pasien yang dirawat di rumah sakit identik dengan tangan yang diberi infus untuk mengganti nutrisi makanan. Bagaimana dengan infus yang digunakan di sinetron?

Adegan di sinetron:

Tokoh utama siuman setelah mengalami kecelakaan atau pingsan. Dia melihat sekelilingnya dan sadar sedang ada di kamar rumah sakit. Ia lalu tersadar bahwa ia punya urusan yang lebih penting dari pada berbaring di rumah sakit.

“Aku harus pergi, dia menungguku,” tokoh utama langsung melepas selang infus dan kabur dari rumah sakit.

Kenyataan:

Jarum infus ditusuk di dalam pembulu darah vena jadi harus diberi plester supaya darah tidak terus mengalir.Lagi pula mana ada rumah sakit kini yang pengamanannya longgar sampai pasien kabur nggak ada yang nyadar?

Diracuni oleh musuh

Terkadang saking dendamnya tokoh antagonis akan kebahagian tokoh protagonis, ia rela menempuh segala cara untuk menghancurkan kebahagiaannya. Bahkan nggak segan-segan sampai meracuni mereka, lho! Bagaimana dengan adegan meracuni tokoh protagonis dalam sinetron Indonesia?

Adegan di sinetron

Tokoh protagonis: “sebentar ya aku mau ke belakang dulu”

Tokoh antagonis tersenyum palsu. Saat tokoh protagonis menghilang, tokoh antagonis mengeluarkan racun yang biasanya disimpan di dalam baju. Ia lalu menuangkan racun ke dalam minuman tokoh protagonis.

Tokoh protagonis: “maaf ya lama”

Tokoh antagonis: “iya, nggak apa-apa. Minum dulu minum”

Tokoh antagonis memperhatikan tokoh protagonis meminum minuman yang sudah diracunnya sampai habis.

Tokoh antagonis: (dalam hati) Sebentar lagi kau akan mati dan Mas Aryo akan jadi milikku selamanya! HAHAHAHAHA.

Kenyataan:

Yang namanya meracuni orang, pelaku biasanya bersikap natural seolah-olah bukan dia pelakunya. Contoh saja kasus Jessica Wongso yang meracuni Mirna, bahkan sudah sampai diringkus polisi wajahnya Jessica tetap nggak ada ekspresinya, toh?

APAAA?!!

Adegan sinetron yang nggak masuk akal lainnya adalah adegan dimana tokoh mendengar kabar mengejutkan.

Adegan di sinetron

Tokoh lain: “kamu tahu nggak? Mas Ario menikah dengan Melati!”

Tokoh utama: “APPPPAAA?!!!”

Jangan lupa kamera zoom in zoom out ke wajah tokoh utama diiringi dengan musik dramatis.

Kenyataan:

“Eh, Mas Ario nikah sama Melati”

“Serius lo?”

Kalau kaget mah dalam hati aja, ditunjukin ke depan teman justru kelihatan bawa perasaan alias bapernya.

Menguntit justru jadi romantis

Gambar via: www.huffingtonpost.co.uk
Gambar via: www.huffingtonpost.co.uk

Sinetron memang dikenal sebagai sarana orang untuk mewujudkan imajinasi percintaan terdalam mereka. Contohnya betapa romantisnya tokoh utama pria yang mengenal seluk beluk tokoh utama wanita.

Adegan di sinetron:

Tokoh utama pria: “saya sudah jatuh cinta sama kamu sejak pertama kali bertemu. Saya sampai rela setiap hari bangun pagi untuk bertemu kamu di jalan. Setiap pagi kamu mampir ke toko roti untuk beli roti cokelat kesukaan kamu, kan? Sudah rotinya cokelat tapi kamu masih minum cokelat panas. Setiap hari Selasa kamu pakai baju oranye, warna kesukaan kamu. Minggu lalu kamu pergi ke pernikahan sahabat kamu, Sheilla dan nggak sengaja menumpahkan minuman ke seorang pria. Pria itu saya”

Tokoh utama wanita: “kenapa kamu baru bilang sekarang? Selama ini…saya juga mencintai kamu”

Lalu keduanya hidup bahagia selamanya.

Kenyataannya:

Cowok: “Kemarin gue ngeliat lo jalan sama cowok di mini market abis Maghrib, siapa tuh?”

Cewek: “Idih, nguntit gue lo ya! Gue laporin sama Polisi lo nguntit gue lagi!

Hati-hati, kalau orang yang nggak suka kehidupan pribadinya diikuti, bisa-bisa dilaporkan ke pihak berwenang dengan tuduhan perbuatan tidak menyenangkan.

Sinetron memang selalu menjadi favorit penonton Indonesia dengan kisah cinta yang dikemas sedemikian rupa hingga membuat penonton ketagihan. Masyarakat yang menontonnya pun tak pandang bulu, walau jelas beberapa sinetron dilabel 17+ masih saja banyak anak-anak yang dibiarkan menonton. Padahal, banyak adegan-adegan nggak masuk akal lainnya yang bisa saja mempengaruhi tumbuh kenang anak. Semoga ke depannya KPI dapat lebih tegas pada sinetron-sinetron yang cenderung tak mendidik dan menghadirkan tayangan-tayangan yang lebih berbobot.(AH)

loading...

14 COMMENTS

  1. KPI itu apa? perannya bagaimana? apa tindakannya? hapus aja sinotron dari pertelevisian indonesia, nggak bermanfaat sama sekali.

  2. Btw gw pernah ngalamin pas mau ditabrak (pas nyebrang jalan), gw mau ngehindar ke kanan, tapi takut mobilnya juga ke kanan. Gw mau ngehindar ke kiri, takut juga mobilnya ke kiri. Jadinya gw malah bengong di tengah2. Untung mobilnya berhenti hahahahh

    • bener bgt, bukannya kebanyakan konsumsi sinetron. tali memang pas mau ketabrak, mobil masih jauh jg udah takut duluan. buat gerak jg serba salah, jadinya malah diem di tengah jalan

  3. Kenapa semua sinetron indonesia alur ceritanya beda sama judul sinetron mereka sendiri? Contoh tukang bubur, itu jalan ceritanya sampe skrg gimana? Pemeran utamanya udh haji kan? Bahkan diceritanya pemeran utamanya dibikin meninggal. Terus sebenernya skrg inti ceritanya tuh apa? Kenapa sampe skrg gak selesai2?
    Dan aktris/aktor sinetron indonesia (menurut ku) banyak yg asal dicasting gara2 cakep atau wajah indo aja, bukan karena emg punya skill yg bagus. Kadang geli sendiri kalo orang tua lagi nonton sinetron, dan harus dengerin itu artis2 nya ngomong di sinetron masih gagap atau ekspresinya kadang gak sesuai sama scene yg ada.
    Sama kenapa semua sinetron indonesia punya pekerjaannya harus kerja kantoran yg make dasi + jas? Kan ada pekerjaan lain. Maksudnya bisa ngangkat cerita dg tokoh yg punya pekerjaan lain gitu loh. Misal pekerjaan macem chef, masih banyak yg belum tau gimana kerasnya dunia chef kaya gitu. Atau mungkin jadi produser acara di tv gimana kehidupan mereka, music director buat film, penulis novel, dkk? Masih banyak pekerjaan yg cerita hidupnya bisa dieksplor buat jadi alur ceritanya.

  4. CONTOH : SUPER BAPER………… ( APAAAAAAAAAAAAAAAAA AN TUUUHH ) SISI BAIKNYA DIMAAAAAAAANAAAAAAAAAAAA..)
    NGAJARIN ANAK SMP PACARAN, VAKKKKKKKKKKKKK(SENSOR)

  5. banyak bgt agan,,, bkan cuman itu aja,,, pakaiannya (style ) orang miskin di sinetron indonesia ga ada,, tetap aja dandan orang kaya ,, hahhah

LEAVE A REPLY