Gulalives.co, Depok – Kalau lagi musim liburan nanti, biasanya warga Jakarta melancong ke Bandung. Selain kota nya yang sejuk, jaraknya dari Jakarta pun tak sejauh ke Jogja atau Surabaya. Cukup menggunakan kendaraan roda empat melalui tol antar kota dan provinsi “Cipularang” kita bakal sampai ke kota ini. Kalau ke Bandung pasti yang akan diburu oleh wisatawan adalah kuliner dan objek wisatanya yang natural pas banget deh buat kita yang mau pakai baju “Back To Nature”. Kemana saja ya objek wisata yang biasa kamu datangi? Farmhouse yang lagi kekinian, Kawah Putih Ciwidey, dan yang paling seru dan menyenangkan nih Tangkuban Perahu.

tangkuban perahu

Gunung ini terkenal dengan Legenda Sangkuriang, seorang pemuda yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam tempo semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Kalau kita lihat kawahnya, kawahnya yang aktif adalah bukti kalau gunung ini masih berstatus aktif looh. Sumber air panas di Ciater, Subang berasal dari Kaki Gunung ini. Gunung Tangkuban Parahu juga pernah mengalami leusan kecil pada tahun 2006, enggak ada korban yang serius dan berjumlah banyak hanya menyebabkan 3 orang luka ringan.

Bagaimana sih kalau kita mau ke Gunung Tangkuban Perahu?

rute

Kalau dari tadi kita cuman bahas tentang sejarah dan geografis nya, sekarang gulalives mau kasih tau nih cara kesana. Kalau kamu yang berangkat ke Bandung menggunakan motor, kamu bisa menempuh waktu sekitar 5-7 jam ya sob, soalnya perjalanan kamu akan melalui jalur Puncak, Cipanas, sampai Sukabumi. Kenapa kita enggak sebutin lewat Cikampek? Karena perjalanan yang nyaman menurut kita adalah melalui jalur itu. Usahain berangkat pagi loh, biar sampe sana enggak kesorean. Nah buat kamu yang berangkat menggunakan mobil atau bus pariwisata, akan lebih efisien kalau kamu kesana langsung masuk Tol Cipularang cuman butuh waktu tempuh 2-4 jam doang. Berdasarkan pengalaman, jangan ngambil waktu pas liburan panjang yaa. Itu akan nyusahin banget.

Terus kalau yang naik transportasi umum?

kereta

Lebih gampang lagi nih kalau kamu naik kereta. Ini sangat disarankan ya buat kamu yang gampang capek dan ngga betah duduk anteng, kam cukup rogoh kocek 100ribu rupiah buat beli tiket kereta api kelas bisnis (kadang kalau beruntung kamu bisa dapet kelas eksekutif) pesan tiket nya dari 1minggu sebelum keberangkatan yaa biar enggak dapet harga yang dadakan. Kalau mau dadakan kamu bisa naik bus akap dan atau bisa naik travel seperti Cipaganti. Sesampainya disana kamu punya beberapa pilihan, bisa dengan cara menyewa motor 24 jam atau kamu pakai kendaraan umum lainnya yang jurusan ke Lembang dan Ledeng.

Dari Bandung sendiri untuk mencapai kesana kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1jam ya kalau naik motor dan 1.5Jam kalau kamu yang menggunakan mobil pribadi. Udara yang sejuk dan pemandangan bukit nya yang indah bikin lelah dan letih kamu terbayar.

Setiap sudut dari kawasan ini cocok banget deh buat kamu pakai selfie, wefie dan lainnya

tangkuban perahu2

So? Cocok banget kan buat kamu yang doyan selfie dan wefie, bisa nih kita kesana bareng.-R

 

 

loading...

LEAVE A REPLY