Gulalives.com, Depok – Sebentar lagi masuk bulan puasa aja nih. Gak terasa ya sob, kayaknya lebaran baru kemarin, deh. Kalian pasti udah nyusun siasat dari sekarang, gimana caranya dapet banyak THR dari orang tua dan saudara pas lebaran buat jalan-jalan sama temen, pacar, mantan, atau gebetan.

“Baju baru alhamdulillah, ‘tuk dipakai di hari raya…”

Ngomongin lebaran, pasti identik dengan beli baju baru. “Baju baru alhamdulillah, ‘tuk dipakai di hari raya…”, begitulah sepenggal lirik dari lagu yang dinyanyikan Dea Ananda. Kayaknya lewat lagu itu, dia ngasih kode ke ibunya supaya dibeliin baju baru buat lebaran (bisa banget ya dia).

belanja

Yang namanya denger kata “belanja”, jaman sekarang bukan cuma kuping emak-emak aja sob tapi kuping anak remaja juga pasti langsung panas ngerasa kata sensitif itu diomongin, padahal dari radius jarak ribuan kilometer, dan langsung bersiap ngambil ancang-ancang start jongkok untuk meluncur ke toko baju. Saking antusiasnya, ternyata banyak dari mereka yang udah berburu baju lebaran. Bahkan sebelum puasa dimulai. Dan ternyata bukan ibu-ibu doang, tapi juga calon ibu-ibu dan calon pendamping calon ibu juga loh sob. Sobat gulalives semuanya deh ya.

Kita udah melakukan survey nih alias shoping window ke mall – mall sekitar kami dan kita udah menyimpulkan. kenapa belanja sebelum masuk bulan puasa dipilih sebagai waktu yang tepat. Berikut rangkumannya untuk sobat gulalives:

Model bajunya masih banyak

belanja2

Banyak orang yang menganut kepercayaan bahwa barang-barang yang dijual di mal/toko baju pas beberapa hari menjelang lebaran adalah barang sisaan. Jadi itu adalah barang-barang nggak beruntung dan nggak terpilih, makanya masih bertahan sampe mau lebaran. Oleh karena itu, biar pilihan modelnya banyak, para ibu-ibu berburu baju lebaran jauuuuuuh hari sebelum lebaran, bahkan puasa aja belum. Kalau dikira-kira kayak beberapa hari kemarinlah.

Harganya murah kalo beli sekarang

belanja3

Ini adalah salah satu faktor pendukung yang paling mempengaruhi Ibu-ibu yang belanja. Harga, iya, harga. Di mana ada toko baju yang harganya murah dan diskon gede-gedean, mereka pasti bergerombol dan berlomba-lomba memilih baju buat diborong. Mitos yang dipercaya jaman kekinian adalah kalau beli baju udah deket ke lebaran pasti harganya dinaikin.

Mereka kebanyakan menganut paham ‘sekalianisme’

Mereka kebanyakan menganut paham ‘sekalianisme’, yaitu beli baju buat lebaran tahun ini sekalian buat lebaran tahun depan. Supaya lebaran tahun depan beli baju lagi buat lebaran tahun depannya lagi, begitulah siklusnya yang sangat turun temurun.

Biar gak desek-desekan

Pernah gak kalian liat cewek-cewek atau bahkan ada ibu-ibu yang berantem dan jambak-jambakan? Bukan, itu bukan berantem karena bercandanya kelewatan, tetapi karena desak-desakan. Bagi mereka yang belanja itu punya tingkat kepekaan di atas normal. Jika dia melihat ada baju yang bagus dan murah, ditambah lagi diskon, mereka pasti dulu-duluan buat ngedapetin baju itu sampe lari-larian dan desek-desekan.

belanja4

Nah, jika ada salah satu yang sewot dan gak mau kalah, terjadilah peristiwa yang mengerikan. Mereka rebutan sambil mengaku siapa yang duluan, kemudiaan berantem di depan banyak orang, gak peduli puasanya batal… demi sepotong baju.

Irit pahala

Bulan puasa adalah bulan yang penuh dengan ujian kesabaran. Begitu pun dengan sobat yang akan berbelanja. Di waktu puasa nanti, kita semua biasanya memanfaatkan momen ini untuk menyimpan stok kesabaran, kalo di bulan-bulan lainnya mereka suka gak sabarnya karena penjual bajunya kukuh gak mau ditawar, sampe mereka marah-marah, bahkan nyindir harga toko sebelah. Tau sendiri kan kalo udah marah-marah, nyindir, suka kebawa nyerocos seharian. Kalo itu terjadi, pahala puasanya abis deh.

belanja5

Udah tau kan alasan kenapa jaman sekarang beli baju lebaran pas puasa? Ya alasan klasiknya sih kebanyakan seperti hal-hal di atas, tapi taukah kamu apa alasan sebenarnya di balik itu semua? Sederhana: padahal mah emang udah gatel pengin buru-buru belanja aja.

Yok kita persiapkan diri kita menghadapi bulan Ramadhan yang akan bertamu kerumah kita, belanja kebutuhan lebaran dan segala keperluannya dari sekarang biar nanti kita nggak terganggu menjalani ibadah puasanya.

loading...

LEAVE A REPLY